inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Waspada, Ini Tanda Pasangan Berpotensi Melakukan KDRT
Jumat, 30 Sep 2022 11:15
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora diduga dilakukan oleh suaminya, Rizky Billar. (Instagram/zulhamsiregar)

Kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora diduga dilakukan oleh suaminya, Rizky Billar. (Instagram/zulhamsiregar)

Kasus KDRT yang diduga dilakukan Rizky Billar ke istrinya, Lesti Kejora bikin banyak orang kaget. Banyak yang nggak menyangka, tapi sebenarnya ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita lihat dari orang yang melakukan KDRT setelah menikah.

Inibaru.id – Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialami Lesti Kejora diduga dilakukan oleh suaminya, Rizky Billar jadi perbincangan hangat warganet. Pasalnya, selama ini kehidupan rumah tangga yang hampir setiap hari diumbar ke publik itu terlihat baik-baik saja.

Dilansir dari Detik, Jumat (30/9/2022), disebutkan bahwa Lesti sudah melaporkan suaminya ke Polres Metro Jakarta Selatan. Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

“Benar, ada laporan Lesti Kejora terhadap Rizky Billar ke Polres Jaksel semalam (Rabu (28/9)),” ucap Kombes Endra, Kamis (29/09/2022).

Dalam laporan tersebut, terungkap bahwa Lesti mengetahui Rizky berselingkuh. Setelah terjadi perdebatan, KDRT pun terjadi.

“Saat korban minta dipulangkan ke rumah orang tuanya, terlapor emosi dan berusaha mendorong dan membanting korban,” jelas Kombes Endra.

Tanda Pasangan Berpotensi melakukan KDRT

Mengingat kasus KDRT di Indonesia masih cukup tinggi, banyak orang yang kemudian penasaran dengan cara mendeteksi pasangan yang berpotensi melakukannya saat sudah menjalin rumah tangga nanti. Nah, dilansir dari WebMD (17/10/2021) untuk mengungkap ciri-ciri pasangan yang berpotensi melakukannya. Apa saja, ya?

1. Cenderung Mengendalikan Perilaku Pasangannya

Ilustrasi: Berusaha mengendalikan perilaku pasangan merupakan salah satu ciri pasangan yang melakukan KDRT setelah menikah. (Medcom)
Ilustrasi: Berusaha mengendalikan perilaku pasangan merupakan salah satu ciri pasangan yang melakukan KDRT setelah menikah. (Medcom)

Jika saat pacaran atau pendekatan sebelum menikah pasangan kamu sudah berusaha untuk mengendalikan perilakumu, maka ada kemungkinan dia berpotensi melakukan KDRT saat sudah menikah. Ciri-cirinya; dia sering menyalahkanmu, menuduhmu atas hal yang nggak kamu lakukan, hingga memberitahumu tentang apa yang harus kamu kenakan.

Jika terjadi kesalahan kecil yang seharusnya nggak perlu dipermasalahkan, dia akan sangat mempermasalahkannya sehingga kamu akan merasa kecil dan nggak berharga.

2. Mengendalikan Keuangan

Coba deh tanyakan ke pasangan kamu sekarang, boleh nggak bekerja atau meniti karier setelah menikah nanti? Jika nggak boleh, ketahui apa alasannya dengan jelas. Jika intinya adalah agar kamu nantinya bergantung kepadanya secara finansial dan kamu nggak bisa dengan leluasa mengatur keuangan untuk keluarga atau diri sendiri, maka ada kemungkinan pasanganmu itu melakukan KDRT di masa depan.

3. Kamu Semakin Jauh dari Keluarga dan Teman

Ilustrasi: Potensi melakukan KDRT sudah mulai bisa dicek sejak masa pacaran. (Medcom)
Ilustrasi: Potensi melakukan KDRT sudah mulai bisa dicek sejak masa pacaran. (Medcom)

Saat pacaran, apakah kamu semakin kesulitan bertemu atau bermain dengan teman-temanmu? Apakah kamu semakin jarang memiliki quality time dengan keluarga? Jika iya, pertimbangkan kembali hubunganmu dengan pacar kamu. Apalagi jika dia benar-benar mengawasimu dan harus selalu ingin tahu apa yang kamu lakukan. Ini adalah caranya untuk benar-benar mengendalikanmu.

4. Melakukan Pelecehan

Jika sejak pacaran atau pendekatan pasanganmu sudah berani melakukan pelecehan, baik itu verbal ataupun fisik, hingga pelecehan seksual, maka kamu harus mewaspadainya. Apalagi jika sampai memaksakan atau mengancam kamu untuk menuruti permintaannya akan pelecehan-pelecehan tersebut.

Ingat, ya, Millens, KDRT tidak bisa dimaklumi. Apalagi yang melakukannya adalah pasangan sendiri. Secinta apapun kamu dengan pasanganmu, hidup terlalu berharga untuk terus menerus menjadi korban kekerasan. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved