Harum dan Segar, Meracik Es Teh Sendiri dengan Bahan Menyehatkan

Harum dan Segar, Meracik Es Teh Sendiri dengan Bahan Menyehatkan
Ilustrasi: Ada banyak bahan menyegarkan dan menyehatkan yang bisa dicampurkan ke dalam es teh bikinan sendiri. (Pixabay)

Es teh nggak melulu campuran antara teh dan gula pasir. Untuk rasa yang lebih unik dan khasiat yang lebih banyak kamu bisa meracik teh sendiri di rumah dengan tambahan bahan-bahan tertentu, lo.

Inibaru.id - Es teh merupakan minuman yang hampir disukai oleh semua orang. Nggak heran jika minuman ini mudah banget kita jumpai baik di warung pinggir jalan atau rumah makan mewah.

Es teh manis nggak cuma dikemas sederhana dalam plastik bening tapi juga banyak dikemas dalam botol, kotak, cup lalu disimpan di dalam lemari pendingin. Sayangnya, terkadang teh kemasan memiliki rasa yang kelewat manis.

Teh dalam kemasan yang memiliki kandungan gula tinggi kelamaan bakal mengganggu kesehatan jika kamu mengonsumsinya terlalu sering, Millens. So, mulai sekarang kurangi jajan minuman manis demi badan tetap sehat, ya!

Nah, ketimbang jajan teh yang menggunakan banyak gula, kamu bisa saja membuat teh sendiri di rumah, lo. Agar lebih sehat, ganti pemanis gula dengan perasa alami lainnya.

Merangkum dari Everydayhealth melalui Detik (28/9/2022), berikut lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah rasa dan nutrisi pada es teh bikinanmu.

Kulit Jeruk

Ingin menambahkan aroma pada teh tanpa ingin menambah jumlah kalori sama sekali? Kamu bisa memasukkan potongan kulit lemon, jeruk nipis, bahkan jeruk ke dalam teh saat diseduh. Jangan lupa untuk menyaringnya setelah menyeduh teh dengan jeruk.

Teh dengan campuran kulit jeruk bakal membuat minumanmu memiliki aroma dan rasa yang khas. Nggak cuma itu, kulit jeruk mengandung flavonoid yang memiliki sifat antikanker.

Campur dengan Buah

Ilustrasi: Leci adalah salah satu buah yang cocok dicampurkan ke dalam es teh.(Unsplash/Contentpixie)
Ilustrasi: Leci adalah salah satu buah yang cocok dicampurkan ke dalam es teh.(Unsplash/Contentpixie)

Buah biasanya dikonsumsi begitu saja atau dijadikan jus dan smoothies. Tapi, tahukah kamu ada beberapa buah yang cocok dicampurkan ke dalam teh untuk menambah rasa segar?

Ya, menambahkan buah ke dalam es teh merupakan salah satu cara termudah untuk memperkaya rasa teh. Kamu bisa menambah perasan air jeruk, buah beri, leci, atau peach ke dalam teh. Buah-buah ini bakal menambah rasa dan nutrisi dalam teh sekaligus menambah asupan serat, antioksidan, dan vitamin C.

Daun Mint

Teh dengan daun mint pasti sudah sering kamu dengar kan? Ya, ada beberapa daun herbal yang bisa ditambahkan ke dalam racikan teh, antara lain daun mint, basil, kunyit, dan rosmary. Daun-daun ini berfungsi sebagai sumber antioksidan alami, lo.

Menambahkan daun mint atau atau daun herbal lainnya ke dalam teh pastinya bakal menambah rasa sekaligus warna pada minumanmu. Jangan lupa menyaringnya terlebih dahulu agar lebih mudah meminumnya, Millens.

Bumbu atau Rempah

Iustrasi: Seduhan teh yang dicampur dengan rempah seperti kayu manis akan memberikan kehangatan setelah meminumnya. (Istockphoto)
Iustrasi: Seduhan teh yang dicampur dengan rempah seperti kayu manis akan memberikan kehangatan setelah meminumnya. (Istockphoto)

Selain daun herbal, kamu bisa menambahkan bumbu atau rempah seperti kayu manis, kapulaga, dan jahe pada teh. Campuran tersebut bisa menambah sensasi berbeda karena rempah-rempah itu menghasilkan rasa pedas.

Membuat Es Batu yang Sehat

Ilustrasi: Es batu yang terbuat dari buah yang dibekukan akan membuat racikan tehmu menjadi lebih atraktif dan menarik. (Cookpad)
Ilustrasi: Es batu yang terbuat dari buah yang dibekukan akan membuat racikan tehmu menjadi lebih atraktif dan menarik. (Cookpad)

Es batu dari air putih pastilah sudah biasa. Gantilah es batu itu dengan yang lebih bervariasi. Caranya, haluskan buah atau rempah, kemudian bekukan seperti halnya membuat es batu biasa. Buah seperti rasberi, stroberi, daun mint, dan irisan lemon adalah pilihan yang cocok.

Jika es batu spesial itu kamu masukkan dalam seduhan teh, nantinya ia bakal mencair dan memberikan rasa khas pada teh. Mm, kedengarannya seru, ya?

Itulah beberapa alternatif menarik yang bisa kamu lakukan untuk membuat es teh yang lebih sehat dan aromatik. Jangan ragu mencobanya di rumah ya! (Siti Khatijah/E05)