inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Wasabi, Potensi Peningkatan Daya Ingat yang Menyegarkan
Rabu, 6 Des 2023 21:32
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Wasabi berpotensi meningkatkan daya ingat. (Getty images)

Wasabi berpotensi meningkatkan daya ingat. (Getty images)

Di dalam wasabi terdapat senyawa bioaktif yang disebut isothiocyanates. Senyawa ini dipercaya dapat melindungi fungsi otak, termasuk meningkatkan daya ingat.

Inibaru.id - Wasabi, nggak sekadar pendamping sushi yang pedas dan menyegarkan, tapi juga dapat memiliki dampak positif pada daya ingat.

Beberapa penelitian menarik menunjukkan bahwa konsumsi wasabi dapat memberikan dorongan pada fungsi kognitif, termasuk daya ingat.

1. Komponen Unik Wasabi

Wasabi mengandung senyawa bioaktif yang disebut isothiocyanates. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan, yang diyakini dapat memberikan perlindungan pada otak dan saraf.

2. Perlindungan Terhadap Otak

Wasabi memiliki kemaampuan untuk melawan stres oksidatif. (Kompas)
Wasabi memiliki kemaampuan untuk melawan stres oksidatif. (Kompas)

Isothiocyanates dalam wasabi telah dikaitkan dengan kemampuan melawan stres oksidatif dan peradangan, yang dapat menjadi faktor risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Melalui perlindungan terhadap otak, wasabi mungkin dapat mendukung fungsi kognitif yang sehat.

3. Stimulasi Indra Penciuman

Aroma dan rasa pedas wasabi ternyata dapat merangsang indra penciuman dengan intensitas yang kuat. Stimulasi indra ini telah terkait dengan peningkatan aktivitas otak, termasuk area yang terlibat dalam fungsi kognitif.

4. Potensi Antioksidan

Komponen anti-oksidan dalam wasabi dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Dengan meredakan stres oksidatif, wasabi mungkin berkontribusi pada kelestarian daya ingat.

5. Perlu Dikonsumsi dengan Bijak

Meskipun ada potensi manfaat, penting untuk mengonsumsi wasabi dengan bijak. Rasa pedas yang intens dapat menjadi tantangan bagi beberapa orang, dan konsumsi berlebihan mungkin nggak disarankan.

Jadi, meskipun perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami secara menyeluruh dampak wasabi pada daya ingat, konsumsi yang sesuai dan terkendali dapat menjadi cara menarik untuk mengeksplorasi potensi manfaat kesehatan otak.

Hm, sambil menikmati cita rasa uniknya, wasabi mungkin memberikan dorongan menyegarkan untuk fungsi kognitif yang lebih baik. (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved