BerandaHits
Sabtu, 27 Agu 2022 09:00

Warganet Protes, KAI Putuskan Akan Mengganti Kursi Tegak Kereta

Warganet Protes, KAI Putuskan Akan Mengganti Kursi Tegak Kereta

KAI akan membeli kereta-kereta baru kelas ekonomi untuk mengganti unit kereta api yang sudah lama beroperasi. (Kompas/KAI Daop VI Yogyakarta)

PT KAI mendapat protes dari masyarakat soal kursi tegak kereta ekonomi yang nggak nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Protes tersebut mendapat respons positif dari PT KAI.

Inibaru.id - Moda transportasi kereta api banyak dipilih masyarakat Indonesia karena dinilai aman, nyaman dan tepat waktu. Tapi belakangan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai penyelenggara jasa kereta api mendapat protes dari penggunanya melalui Twitter.

Mereka mempertanyakan kenapa PT KAI masih mempertahankan kursi tegak dan berhadapan pada kereta api ekonomi. Salah satunya adalah akun @Qruu**. Pada Senin (21/8/2022) lalu, dia mengunggah cuitan dan foto kursi kereta tersebut.

Kenapa @KAI121 masih mempertahankan seat berhadap-hadapan seperti ini? Padahal seat kek gini bikin sakit badan. Apalagi perjalanan di atas 5 jam.” Begitulah tulis akun itu.

Foto tersebut dia ambil saat memakai KA Pronowangi (317) dari Stasiun Gubeng Surabaya ke Stasiun Ketapang. Sampai saat ini, cuitan tersebut mendapatkan respons luar biasa dari warganet dengan ribuan komentar, retweet, dan likes. Kebanyakan komentar juga mengeluhkan hal yang sama sebagaimana yang dirasakan oleh warganet tersebut.

PT KAI Merespons

Kursi tegak kereta dianggap warganet nggak nyaman digunakan. (Cnn/Muhammad Adi Maja)
Kursi tegak kereta dianggap warganet nggak nyaman digunakan. (Cnn/Muhammad Adi Maja)

Nggak lama setelah cuitan itu muncul, akun Twitter milik PT KAI langsung meresponsnya dengan permohonan maaf dan meminta keterangan lebih lanjut terkait dengan kereta yang digunakan. PT KAI menganggap hal tersebut sebagai masukan positif dan memutuskan akan mengganti kursi tersebut dengan tipe kursi lain yang diharapkan lebih nyaman untuk digunakan.

Hal itu diungkap langsung oleh VP Public Relations KAI Joni Martinus. Dia memastikan kalau kursi tegak kereta masuk dalam program peremajaan.

“KAI selalu berusaha untuk melakukan perbaikan dalam berbagai aspek. Untuk sekarang, KAI akan membeli kereta-kereta baru kelas ekonomi untuk menggantikan sarana lama yang sudah lama beroperasi,” ucap Joni, Kamis (25/8).

Ada sekitar 22 persen kereta api ekonomi berstatus lama dan peru diremajakan. (Dok.KAI)
Ada sekitar 22 persen kereta api ekonomi berstatus lama dan peru diremajakan. (Dok.KAI)

Sebagai informasi, jumlah kereta api penumpang yang beroperasi di Indonesia ada 1.346 unit. Jumlah kereta api ekonomi adalah 58 persen dari itu, yaitu sekitar 831 unit.

Nah, ada sekitar 22 persen kereta ekonomi yang berstatus unit kereta lama dan perlu diremajakan. Kereta inilah yang masih memakai kursi tegak dan dikeluhkan oleh warganet beberapa saat lalu. Terkait dengan kereta mana saja yang akan mendapatkan peremajaan, Joni mengaku pihaknya masih dalam proses pendataan.

Apakah kamu juga merasakan pengalaman yang sama saat menumpang kereta api ekonomi, Millens? Jika iya, semoga saja PT KAI secepatnya melakukan pergantian seat atau peremajaan lainnya supaya kereta api tetap jadi alat transportasi favorit masyarakat Indonesia. (Kom,Det,Cnn/IB09/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved