inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tren Baju Lebaran 2024: Pilih yang Nyaman dan Sesuai Kepribadian
Kamis, 21 Mar 2024 11:00
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Pakaian warna pastel selalu aman dikenakan pada setiap momentum Lebaran. (Ig:@centraltanahabang)

Pakaian warna pastel selalu aman dikenakan pada setiap momentum Lebaran. (Ig:@centraltanahabang)

Tren baju Lebaran 2024 memberikan kamu kesempatan untuk memilih pakaian seperti apa yang sesuai dengan kenyamanan dan kepribadianmu. Nggak ada model dan warna khusus yang menjadi tren di tahun ini.

Inibaru.id - Kamu masih ingat dengan tren warna baju Lebaran 2023? Yap, "semua tentang sage" menjadi tema pakaian sebagain besar masyarakat Indonesia pada Lebaran tahun lalu. Pada tiap momentum sholat Idulfitri atau silaturahim antarsaudara dan keluarga pasti ada orang yang memakai baju berwarna sage green.

Untuk tahun ini, sage sudah nggak populer lagi, Millens. Nggak condong ke warna tertentu, tren baju Lebaran 2024 menurut beberapa desainer baju justru terletak pada kenyamanan. Kamu bisa memilih warna apapun sesuai kepribadian, asalkan pakaian tersebut jadi teman yang nyaman dalam segala momentum Lebaran.

"Kalau aku sebenarnya semakin umur, fungsi nomor satu adalah kenyamanan ketika lagi kumpul keluarga. Pasti aku mencari bahan yang tidak bikin gerah. Tidak mungkin juga cuttingannya kurang fleksibel. Tahun ini akan lebih banyak hitam. Ada merah maroonnya dan ada earth tone," ungkap Zaskia Sungkar, owner brand Zaskia Sungkar Jakarta, dikutip dari Wolipop (16/3/2024).

Sang adik, Shireen Sungkar sebagai pemilik brand Shi by Shireen menambahkan, agar terkesan "aman" dalam memilih warna, maka pilihlah pakaian dengan warna pastel.

"Ada juga warna pastel, sentuhan hitam dan dominannya warna terang. Purple, lavender, putih tapi mix karena orang Indonesia tidak percaya diri memakai warna putih," ujar Shireen Sungkar.

Sarimbit Masih Jadi Pilihan

Desain baju Lebaran sarimbit yang disertai dengan sentuhan budaya akan lebih indah dan elegan. (Kompas/Ryan Sara Pratiwi)
Desain baju Lebaran sarimbit yang disertai dengan sentuhan budaya akan lebih indah dan elegan. (Kompas/Ryan Sara Pratiwi)

Sementara itu, bagi kamu yang nggak pernah melewatkan baju sarimbit di setiap Lebaran, tahun ini pun baju "kembaran" dengan pasangan atau anggota keluarga masih jadi pilihan yang bagus. Desainer baju Muslim kenamaan Ria Miranda memberikan masukan bahwa sarimbit yang diberi sentuhan motif atau aksesori budaya akan tampak lebih elegan dan personal.

"Budaya juga menjadi salah satu tren baju Lebaran. Pasti ada satu heritage karena momentum Ramadan seperti kembali. Kita pakai baju yang merepresentasikan daerah yang kita punya," kata Ria.

Pemilik CV Miranda Moda Indonesia itu menyarankan untuk berani memadupadankan jenis kain yang berbeda dan menggunakan warna-warna yang relatif baru supaya lebih fresh.

"Dari segi warna, ada warna putih jadi dominan. Ada juga warna-warna tahun ini lebih keluar dan berani. Tahun ini ada powder blue, orange yang menjadi tren. Cuttingannya kaftan yang lebih modern, tunik yang lebih loose dan juga mix fabric. Lace dengan unsur bunga dan tenun," jelasnya.

Bermain dengan warna yang lebih berani juga dilakukan oleh Intan Kusuma Fauzia sebagai pemilik brand Vanila Hijab. Dia mengaku tahun ini nggak lagi merilis koleksi yang didominasi dengan warna pastel.

"Warnanya nggak melulu pastel. Ada juga merah, hitam, kuning, blue dan motifnya flowy dan pattern masih terus dalam beberapa tahun ke depan. Kalau peach masih jadi tren," kata Intan.

Nah, sudah mendengar pendapat beberapa desainer Tanah Air tentang tren baju Lebaran tahun ini kan, Millens? Sekarang jangan ragu lagi untuk pergi ke penjahit atau mendatangi butik untuk mendapatkan baju Lebaran yang kamu inginkan. (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved