BerandaHits
Jumat, 16 Sep 2022 17:05

Tips Menonton Pertunjukan Biar Nggak Bikin Malu di Gedung Kesenian

Tips Menonton Pertunjukan Biar Nggak Bikin Malu di Gedung Kesenian

Gedung Kesenian, menjadi salah satu tempat dimana kamu bisa menonton sebuah pertunjukkan. (Twitter/Alunankias)

Menonton seni pertunjukkan memang menyenangkan untuk dilakukan. Tapi, biar nggak bikin malu, ada baiknya kamu memperhatikan sejumlah hal berikut ini.

Inibaru.id – Sempat mengalami keterpurukan akibat pembatasan kegiatan yang ketat saat pandemi Covid-19 mencapai puncak, dunia seni pertunjukan mulai menggeliat lagi.

Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya acara-acara kesenian yang digelar di gedung kesenian. Hal ini tentu membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

Omong-omong nih, kamu sudah pernah menyaksikan sebuah pertunjukkan seni di gedung kesenian belum? Kalau belum, kamu tahu nggak sih ada beberapa etika yang perlu diperhatikan ketika sedang menyaksikan pertunjukkan seni? Dengan menghargai etika ini, secara nggak langsung kamu bakal mengapresiasi seni pertunjukkan itu sendiri.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan biar nggak bikin malu saat menonton pertunjukan seni di gedung kesenian.

Datang lebih awal

Terkadang menonton pertunjukkan di gedung kesenian lebih menarik dari pada menonton film di bioskop. (Instagram/Eddymuljanto)
Terkadang menonton pertunjukkan di gedung kesenian lebih menarik dari pada menonton film di bioskop. (Instagram/Eddymuljanto)

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah datang lebih awal. Datanglah 15 menit atau 30 menit sebelum jam pertunjukan dimulai. Kalau kamu sampai datang telat, bakal mengganggu orang lain yang sudah duduk dan menikmati pertunjukan, lo.

Gunakan pakaian yang sopan

Saat menonton pertunjukan, pastikan kamu nggak pakai kaos oblong, ya. Ada baiknya kamu memperhatikan penampilan serta menggunakan pakaian yang rapi dan sopan.

Jangan bawa makanan dan minuman

Berbeda dengan saat kamu sedang menonton bioskop, ada baiknya kamu nggak membawa makanan dan minuman saat menonton pertunjukan seni. Soalnya, hal ini kurang etis untuk dilakukan.

Matikan atau silent gawai kamu

Demi memastikan suasana pertunjukan tetap tenang dan kondusif, ada baiknya kamu mematikan gawai atau mengubah mode gawai kamu menjadi silent. Tentu tidak lucu jika saat penonton lain sedang menikmati pertunjukan seni, nada dering ponsel kamu terdengar ke seluruh gedung, bukan?

Menggunakan pakaian yang rapi juga menjadi salah satu cara kamu mengapresiasi sebuah seni pertunjukkan, lo. (Instagram/Bawonopurbo)
Menggunakan pakaian yang rapi juga menjadi salah satu cara kamu mengapresiasi sebuah seni pertunjukkan, lo. (Instagram/Bawonopurbo)

Merekam pertunjukkan

Kali aja kamu pengin mengabadikan pertunjukkan seni yang sedang kamu tonton, ada baiknya kamu bertanya ke panitia terlebih dahulu ya. Pastikan kamu mendapatkan izin untuk melakukannya.

Biasanya sih, kamu bakal diperbolehkan melakukannya. Tapi, kamu bakal diminta untuk mengatur kecerahan layar gawai kamu biar nggak mengganggu orang lain. Kamu juga nggak diperkenankan memakai flash agar nggak mengganggu pemain pertunjukan.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk menonton pertunjukkan di gedung kesenian. Jangan lupa tetap patuh dengan protokol kesehatan, ya, Millens. (Fatkha Karinda Putri/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved