Tips Backpacker Sendirian; Apa Saja?

Tips Backpacker Sendirian; Apa Saja?
Tips backpacker sendirian, ada beberapa yang harus kamu perhatikan. (Flickr/ faungg's photos)

Nggak selamanya jalan-jalan harus ramai-ramai. Kamu bahkan bisa lo jalan-jalan sendirian dengan cara backpacking. Nah, biar tenang dan aman, simak tips backpacker sendirian berikut ini.

Inibaru.id - Kalau kamu pikir jalan-jalan harus selalu ramai-ramai, nggak benar-benar tepat, Millens. Realitanya, kamu juga bisa jalan-jalan sendirian dan bisa benar-benar menikmatinya. Bahkan, kamu juga bisa backpacker sendirian, lo.

Nggak hanya di luar negeri, di Indonesia, sudah banyak orang yang terbiasa melakukan backpacking sendirian. Katanya sih ya, dengan melakukannya, mereka justru merasa lebih bebas dalam menikmati liburan tanpa perlu harus bergantung dengan orang lain. 

Backpacking sendirian nggak melulu menyenangkan, lo. Bagi banyak orang, melakukannya berarti harus menanggung risikonya sendiri. Yap, banyak lo backpacker solo yang jadi korban kriminalitas seperti dicopet atau bahkan mendapatkan pelecehan. Kalau ada temannya, minimal ada yang saling menjaga, ya.

Meski begitu, kalau kamu memang kepengin backpacking sendirian, ada tips yang perlu kamu perhatikan. Apa saja, ya? Yuk, simak!

Pilih Tujuan yang Sesuai dengan yang Kamu Inginkan

Karena kamu jalan-jalan sendirian, kamu bebas memilih apapun sendiri. Tujuan wisata yang benar-benar kamu pengin lihat, seperti apa penginapan yang pengin kamu tuju, hingga jenis transportasi apa yang pengin kamu coba.

Backpacker sendirian ada risikonya juga, lo. (Flickr/

Budi Nusyirwan)
Backpacker sendirian ada risikonya juga, lo. (Flickr/ Budi Nusyirwan)

Contohlah nih, ada orang yang pengin banget naik bus jarak jauh Pulau Sumatera hingga ke ujung utara di Aceh sana demi mendapatkan pengalaman perjalanannya. Ada juga yang pengin banget wisata kuliner di Pontianak. Lakukan saja yang benar-benar kamu pengin lakukan. Toh, kamu sendirian juga, kan?

Rencanakan dengan Baik

Meskipun kamu bisa menentukan apapun sendirian, bukan berarti kamu bisa sembarangan melakukannya. Ingat, kamu bakal melakukan perjalanan jauh, lo. Jadi, kamu harus merencanakan segalanya dengan baik agar kamu bisa menikmati jalan-jalan dengan maksimal.

Pastikan kamu melakukan riset dulu, ya. Jadi, kamu tahu berapa uang yang harus kamu siapkan, berapa biaya transportasi atau harga makanan di tempat tujuan, atau bahkan cuaca yang pas buat jalan-jalan. Selain itu, kamu juga bisa menghindari area yang rawan kriminalitas, ya!

Jaga Kesehatanmu, ya!

Karena sendirian, kamu pun harus benar-benar menjaga kesehatan selama backpacking sendirian. Ingat, kalau sakit, nggak ada yang bakal menolong atau menjagamu lo.

Perhatikan kebersihan dan apa yang kamu makan ya. Apalagi kalau kamu sampai punya alergi, harus beneran hati-hati deh. Selain itu, siapkan peralatan agar kamu nggak mudah hujan-hujanan. Pastikan juga kamu beristirahat dengan cukup, ya?

Ingat ya, dengan melakukan backpacker sendirian, bisa jadi waktumu jadi lebih leluasa untuk jalan-jalan. Tapi, pastikan kamu menerapkan tips-tips ini agar jalan-jalanmu jadi semakin menyenangkan, ya? (Tra/IB09/E05)