inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Suhu Panas Kuah Soto Bisa Bikin Vitamin C dari Jeruk Nipis Peras Rusak
Minggu, 16 Okt 2022 13:00
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Suhu panas makanan dapat merusak vitamin C dari jeruk. (via Detik)

Suhu panas makanan dapat merusak vitamin C dari jeruk. (via Detik)

Soto kurang lengkap rasanya tanpa jeruk nipis peras. Tapi, tahukah kamu menambahkan air jeruk nipis pada soto yang masih sangat panas dapat merusak vitamin C-nya?

Inibaru.id – Menambahkan air jeruk nipis ke dalam semangkuk soto ayam memang bisa membuat kuah makin menyegarkan. Tapi, ternyata memeras lemon dan jenis jeruk lainnya ke dalam makanan yang masih panas bisa menghilangkan nutrisinya.

Memeras satu atau dua jeruk nipis iris sudah seperti menjadi hal wajib sebelum menikmati soto karena meningkatkan kelezatannya. Tapi, bukan berarti kamu bisa seenaknya memerasnya.

Faktanya, mengutip Times of India via CNN (7/10), memeras lemon ke dalam makanan panas dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan. Duh!

Ketika kamu memeras lemon ke dalam makanan panas, kandungan nutrisi vitamin C pada lemon dapat menurun. Sebabnya, vitamin C sangat sensitif terhadap panas.

Jadi, di dalam vitamin C terdapat asam askorbat yang bersifat responsif terhadap suhu dan cahaya. Asam askorbat terdegradasi dengan cepat ketika terpapar suhu tinggi. Hal ini akan menurunkan nutrisi yang terkandung.

Jeruk nipis memberi rasa segar pada soto. (Shutterstock via Kompas)
Jeruk nipis memberi rasa segar pada soto. (Shutterstock via Kompas)

"Kandungan vitamin C dalam buah jeruk apa pun sangat peka terhadap panas," ujar ahli gizi Namita Nadar, mengutip Food NDTV.

Akibatnya, ketika buah jeruk jenis apa pun, termasuk lemon, dimasukkan ke dalam makanan panas yang masih mengepul, bahan kimia yang ada di dalamnya akan hancur total. Kondisi ini, lanjut Nadar, justru bakal memicu efek negatif dari vitamin C.

"Jadi sebaiknya tambahkan perasan lemon ke dalam makanan dalam suhu normal," ujar Nadar.

Setelah tahu efek negatif dari menambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam makanan panas, apakah kamu akan tetap melakukannya, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved