inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Studi Ungkap Berapa Banyak Uang untuk Bikin Orang Bahagia
Minggu, 9 Jun 2024 08:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Illustrasi: Uang bisa mempengaruhi kebahagiaan seseorang. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Illustrasi: Uang bisa mempengaruhi kebahagiaan seseorang. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Uang memang bisa menentukan kebahagiaan seseorang. Nah, sebuah studi mengungkap seberapa banyak uang bisa bikin orang bahagia. Penasaran nggak, Millens?

Inibaru.id – Meski banyak yang nggak mengakui, nyatanya uang memang bisa menentukan kebahagiaan seseorang. Dengan punya uang banyak, kita bisa beli makanan yang kita mau, liburan ke mana saja atau kapan saja, atau menonton konser musikus idola kita.

Masalahnya, nggak semua orang diberkahi uang banyak. Ada yang sudah bekerja keras setiap hari dan hanya mendapatkan uang untuk menyambung hidup dari satu gajian ke gajian lainnya. Memang, banyak yang gajinya nggak banyak tapi tetap bisa bahagia karena menerapkan gaya hidup slow living. Tapi, nggak semua orang bisa melakukannya, Millens.

Kalau memang uang bisa bikin orang bahagia, pernah kepikiran nggak harus punya uang berapa agar kita bisa hidup bahagia? Nggak disangka, ternyata ada lo studi yang mempelajari hal ini dan mampu mengungkap jumlah uang yang bisa membuat kita merasakan hal tersebut.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Daniel Kahneman dan Angus Deaton dari Princeton University. Dalam penelitian tersebut, terungkap bahwa kebahagiaan bakal meningkat jika kamu punya uang sampai 75 ribu Dollar AS. Jika merunut kurs pada tahun 2010 saat penelitian tersebut dilakukan, maka jumlah uangnya jika dirupiahkan kurang lebih Rp 682 juta.

Sementara itu, kalau kita menghitung inflasi, maka angka 75 ribu Dollar AS bakal menjadi 108 ribu Dollar AS pada tahun ini. Kalau dirupiahkan dengan kurs terkini, jadinya Rp1.749.643.200 alias lebih dari Rp1,7 miliar! Banyak banget, ya?

Meski begitu, jika ada kesengsaraan karena hal selain yang bisa dibeli dengan uang, kamu bakal tetap nggak bahagia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Meski begitu, jika ada kesengsaraan karena hal selain yang bisa dibeli dengan uang, kamu bakal tetap nggak bahagia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Setelah memiliki uang dengan jumlah tersebut, semakin bertambah jumlahnya nggak akan berpengaruh besar pada meningkatnya kebahagiaan. Intinya, kamu sudah merasa cukup tenang menjalani kehidupan. Apalagi jika sudah ada rumah, mobil, kemudahan untuk berlibur, atau jaminan masa tua yang aman. Tapi, kebahagiaan ini masih bisa dipengaruhi hal-hal lain seperti kesehatan, kualitas hubungan, dan lain-lain.

Hasil penelitian ini didukung hasil penelitian lainnya yang dilakukan Matthew Killingsworth dari University of Pennsylvania pada 2021 lalu. Dari 34 ribu sukarelawan yan dilibatkan, terungkap fakta bahwa mereka yang memiliki pendapatan lebih besar cenderung lebih bahagia dan lebih puas menjalani kehidupan, meski nggak mengungkap seberapa pasti angka pendapatan yang dimaksud.

“Tapi, sekali lagi, kalau kamu sudah kaya namun kehilangan seseorang, nggak sehat, atau mengalami kesengsaraan karena hal-hal selain yang bisa didapat dengan uang, uang nggak akan membantu,” ucap Killingsworth sebagaimana dilansir dari Forbes, Senin (12/2/2024).

Ya, setidaknya, nggak ada salahnya juga ya bekerja keras untuk mendapatkan banyak uang sehingga kondisi finansialmu jadi lebih tenang. Kalau melihat gaji yang kamu dapat sekarang, kamu sudah bahagia, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved