inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Kesejahteraan Psikologis di Era Digital, Benarkah Belanja Online Bikin Lebih Bahagia?
Rabu, 13 Des 2023 08:11
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Belanja online membuat lebih bahagia. (Via Sirclo)

Belanja online membuat lebih bahagia. (Via Sirclo)

Meski nggak bisa melihat produk secara langsung, namun belanja online bikin orang lebih bahagia. Benarkah?

Inibaru.id - Dalam era digital ini, belanja online telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Fenomena ini nggak hanya memberikan kemudahan praktis, tetapi juga membawa dampak positif terhadap kesejahteraan psikologis. Sejumlah alasan menjelaskan mengapa belanja online mampu menciptakan perasaan bahagia yang mendalam.

Pertama-tama, belanja online memberikan pengalaman instan yang dapat meningkatkan kepuasan. Dengan beberapa klik, seseorang dapat menemukan dan membeli produk yang diinginkan tanpa harus menunggu atau menghadapi kerumunan di toko fisik. Rasa gratifikasi instan ini dapat merangsang pelepasan neurotransmitter positif dalam otak, memberikan sensasi bahagia yang cepat.

Selanjutnya, kenyamanan menjadi faktor penting dalam psikologi belanja online. Konsumen dapat menikmati proses berbelanja dari kenyamanan rumah mereka tanpa harus merencanakan perjalanan ke toko fisik.

Ini nggak hanya menghemat waktu, tetapi juga mengurangi stres yang terkait dengan perjalanan dan kerumunan. Dengan menghilangkan hambatan ini, belanja online menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan mental.

Keberagaman dan variasi produk juga berperan dalam meningkatkan kebahagiaan psikologis. Platform belanja online menyediakan akses ke berbagai produk dari seluruh dunia, memberikan konsumen pilihan yang lebih luas.

Kemampuan untuk membandingkan produk, membaca ulasan, dan menyesuaikan preferensi menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih memuaskan. Pilihan yang berlimpah memberikan rasa kontrol kepada konsumen, memperkuat perasaan otonomi dan kebahagiaan.

Dalam rangkaian perubahan ini, belanja online nggak hanya menjadi transaksi komersial, tetapi juga pengalaman psikologis yang mendalam. Dengan memberikan instant gratification, kenyamanan, dan variasi pilihan, belanja online telah membuka pintu menuju kesejahteraan psikologis yang lebih besar di tengah arus modern kehidupan.

Kalau kamu lebih suka belanja offline apa online, Millens? (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved