inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Sering Memakai AC Bisa Bikin Sakit Nggak, sih?
Minggu, 3 Sep 2023 13:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
AC bisa bikin sakit nggak sih? (Flickr/Nenad Stojkovic)

AC bisa bikin sakit nggak sih? (Flickr/Nenad Stojkovic)

Banyak orang yang menyebut AC bisa bikin sakit. Apakah anggapan ini memang sesuai dengan fakta kesehatan? Yuk simak dulu paparannya.

Inibaru.id – Karena kita tinggal di negara dengan suhu yang cenderung panas sepanjang tahun, wajar jika kini banyak rumah yang dilengkapi dengan pendingin udara seperti air conditioner (AC). Sayangnya, di balik kemampuannya dalam membuat suhu ruangan jadi lebih dingin, ada anggapan bahwa sering memakai AC bikin sakit.

Penyakit-penyakit yang dimaksud adalah pilek, batuk, sakit tenggorokan, atau hidung tersumbat. Masalah-masalah kesehatan tersebut memang ringan, ya? Tapi, sebenarnya benar nggak sih penggunaan AC memang bisa memicu kedatangan penyakit-penyakit tersebut?

Kalau menurut keterangan Realsimple, Kamis (31/8/2023), penggunaan AC memang bisa saja menyebabkan kemunculan penyakit. Tapi, kalau menuding AC pasti bisa memicu penyakit, hal itu nggak tepat.

Kok bisa begitu? Penjelasannya begini. Suhu dingin karena AC dinyalakan di dalam rumah nggak bisa membuat jumlah virus penyebab penyakit jadi lebih banyak. Tapi, suhu dingin bisa membuat kita jadi lebih rentan terkena penyakit. Soalnya, suhu dingin bisa membuat saluran pernapasan jadi lebih kering.

Padahal, idealnya saluran pernapasan berada dalam kondisi lembap. Keberadaan lender pada saluran pernapasan itulah yang bisa menyaring virus, jamur, atau bakteri penyebab penyakit. Kalau kondisinya kering karena jumlah lendirnya nggak banyak pada akhirnya berbagai penyebab penyakit itu bisa lebih leluasa menginfeksi tubuh, deh.

Suhu dingin bisa mempengaruhi lendir pernapasan dan akhirnya menyebabkan daatangnya penyakit. (Flickr/www.mechanicalcaveman.com)
Suhu dingin bisa mempengaruhi lendir pernapasan dan akhirnya menyebabkan daatangnya penyakit. (Flickr/www.mechanicalcaveman.com)

Oleh karena itulah, jika kamu sudah kebanyakan berada di dalam ruangan ber-AC, bisa mengalami gejala kesehatan seperti dehidrasi, mata dan kulit kering, reaksi alergi, pilek, masalah pernapasan, atau meningkatnya tekanan darah.

Kalau sudah begitu, cobain deh matikan AC-nya, beristirahat, atau keluar mencari udara segar. Selain itu, perbanyak minum air agar tubuh nggak mudah mengalami dehidrasi.

Lantas, apa yang perlu kita lakukan kalau kita sering berada di ruangan ber-AC? Kamu tahu sendiri kan banyak orang yang bekerja di gedung perkantoran selama lebih dari 8 jam per hari di dalam ruangan ber-AC. Kalau kamu adalah salah satunya, coba deh atur kembali suhu AC agar nggak terlalu dingin. Selain itu, pastikan untuk mencukup kebutuhan makanan dan minuman sehat setiap hari.

Hal lain yang perlu kamu pastikan adalah rajin berolahraga dan rutin melakukan servis AC sehingga AC nggak sampai mengeluarkan udara yang kotor atau penuh dengan bibit penyakit.

Jadi, sudah tahu kan harus ngapain biar tetap sehat meski sering berada di ruangan ber-AC, Millens? Selalu jaga kesehatan biar nggak sakit, ya? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved