BerandaHits
Kamis, 12 Jan 2023 15:32

Sebab Kamu Nggak Boleh Kebanyakan Minum Teh

Sebab Kamu Nggak Boleh Kebanyakan Minum Teh

Terlalu banyak minum teh juga nggak baik untuk kesehatan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Teh memang lama dikenal sebagai minuman nikmat yang menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi di balik manfaatnya, ada efek samping negatif yang bisa kamu rasakan jika terlalu banyak minum teh.

Inibaru.id – Selain nikmat dinikmati kapan pun, teh juga dikenal menyimpan manfaat kesehatan. Namun tetap saja kamu nggak bisa mengonsumsi minuman ini berlebihan.

Ada efek samping yang harus kamu waspadai jika terlalu banyak minum teh. Sebaiknya, jangan minum teh lebih dari empat cangkir dalam sehari. Empat cangkir ini setara dengan 950 ml teh.

Melansir Healthline, berikut adalah kemungkinan yang terjadi pada tubuh kita jika kebanyakan minum teh.

1. Tubuh kesulitan menyerap zat besi

Tanin, senyawa yang terkandung dalam teh dapat mengikat zat besi dalam makanan tertentu. Akibatnya, tubuh nggak bisa menyerapnya. Asal kamu tahu, kekurangan zat besi bisa menyebabkan kekurangan nutrisi.

Masalah kesehatanmu bisa tambah serius jika kadar zat besi di tubuhmu rendah. Asupan teh justru bakal memperburuknya.

Zat besi dari sumber nabati bisa terganggu penyerapannya gara-gara kamu kebanyakan teh. Jadi kalau kamu seorang vegan atau vegetarian, ada baiknya perhatikan kembali jumlah teh yang kamu minum.

2. Mengalami kecemasan, stres, dan kegelisahan

Kafein berlebih dalam teh memicu stres dan gangguan tidur. (iStockphoto/BrianAJackson via CNN)
Kafein berlebih dalam teh memicu stres dan gangguan tidur. (iStockphoto/BrianAJackson via CNN)

Selain kopi, kafein juga terdapat pada teh. Dalam satu cangkir teh berukuran 240 ml mengandung 11-61 mg kafein. Tapi, jumlah ini tergantung pada varietas dan metode penyeduhannya. Kalau nggak mau kebanyakan kafein, kamu bisa memilih teh putih atau hijau.

Yang perlu kamu garisbawahi, kafein yang berlebihan dari teh bisa menyebabkan perasaan cemas , stres, dan gelisah. Dosis kafein yang aman dikonsumsi haruslah di bawah 200 mg per hari. Tapi, bisa saja harus dikurangi lagi jika kamu sensitif kafein.

3. Susah tidur

Karena mengandung kafein, teh juga bisa mengganggu siklus tidur. Zat kafein ini dapat menghambat produksi melatonin.

Kurang tidur juga bisa memicu berbagai masalah mental, seperti kelelahan, gangguan memori, dan sulit fokus. Bukan cuma itu, kalau kamu kurang tidur risiko obesitas meningkat dan bikin kontrol gula darah jadi buruk.

 4. Mual

Tanin dalam teh juga bisa menyebabkan mual jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau ketika perut kosong. Sebabnya, tanin mengiritasi pencernaan.

5. Mulas

Satu lagi efek negatif kafein adalah mulas. Selain itu, jika kamu menderita GERD kondisimu bisa memburuk. Kafein dalam teh akan meningkatkan produksi asam lambung.

Namun, nggak semua orang bakal mulas usai minum teh. Semua itu tergantung respons tubuhmu. Jadi, kalau kamu merasa nggak nyaman usai minum teh dalam jumlah banyak, ada baiknya mulai menguranginya.

Minum teh dibarengi dengan makan camilan memang nikmat luar biasa. Terkadang, kenikmatan ini yang bikin kebablasan dalam mengonsumsi teh. Karena itu, yuk batasi asupan tehmu biar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal, Millens! (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved