inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Rosemary Bisa Mengusir Nyamuk, Beneran Nggak Sih?
Minggu, 27 Agu 2023 17:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Rosemary, tanaman yang nggak disukai nyamuk. (Getty Images/NATHAN GRIFFITH)

Rosemary, tanaman yang nggak disukai nyamuk. (Getty Images/NATHAN GRIFFITH)

Tanaman rosemary kabarnya bisa dipakai untuk mengusir nyamuk. Gimana cara menggunakannya, ya?

Inibaru.id – Salah satu masalah yang harus dihadapi masyarakat negara tropis seperti Indonesia adalah nyamuk yang sangat mengganggu. Nggak hanya saat malam hari, terkadang nyamuk juga bisa menggigit saat siang hari. Hal ini tentu sangat menjengkelkan, bukan?

Masalahnya, membasmi nyamuk bukan hal yang mudah. Nggak semua orang merasa nyaman dengan aroma semprotan nyamuk atau asap dari obat nyamuk bakar. Kalau memakai raket nyamuk, tentu cukup repot. Untungnya, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk, yaitu dengan menanam rosemary.

Kalau menurut keterangan Homes & Gardens pada Selasa (21/8/2023), rosemary memang mampu berperan sebagai pengusir nyamuk. Soalnya, di dalam tanaman ini, terdapat sejumlah senyawa seperti kamper, limonene, dan cineole yang nggak disukai oleh nyamuk. Jika rosemary dibakar, senyawa-senyawa tersebut bakal terlepas ke udara dan dihindari oleh nyamuk.

Sebuah penelitian yang diunggah hasilnya dalam Malaria Journal for BioMedCentral bahkan mengungkap fakta bahwa larutan minyak yang mengandung 20 persen ekstrak rosemary mampu mencegah nyamuk datang sampai 100 persen dalam waktu 8 jam. Penelitian lain juga mengungkap bahwa keberadaan rosemary sudah cukup untuk mengusir nyamuk sampai 1,5 jam.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan dengan tanaman ini untuk mencegah nyamuk ke dalam rumah? Apakah hanya dengan menanamnya di halaman sudah cukup? Sayangnya, kalau menurut pakar, hal ini belum cukup, Millens.

Minyak esensial rosemary bisa dipakai untuk mengusir nyamuk. (Shutterstock/Dani Vincek)
Minyak esensial rosemary bisa dipakai untuk mengusir nyamuk. (Shutterstock/Dani Vincek)

A.H David dari Pest Control Weekly menyebut rosemary hanya mampu memberikan efek mengusir nyamuk dalam jarak dekat, bukannya dalam lingkup yang luas seperti seluruh lingkungan rumah. Hal ini berarti, kalau pengin menanamnya demi mengusir nyamuk, tentu tanaman ini harus ditanam di seluruh bagian rumah. Tentu akan sangat merepotkan, bukan?

Oleh karena itulah, kamu lebih disarankan untuk menggunakan lilin aromaterapi rosemary atau membakar minyak esensial rosemary dengan diffuser. Cara ini mampu membuat senyawa yang nggak disukai nyamuk menyebar ke udara dan akhirnya membuat nyamuk enggan datang ke rumahmu.

Cara lainnya adalah dengan meneteskan minyak esensial rosemary ke baju atau kulitmu. Hal ini sudah cukup untuk menjaga nyamuk nggak dekat-dekat denganmu.

Kalau kamu punya botol semprotan, juga bisa lo membuat larutan yang berisi air yang diberi tambahan minyak esensial aromaterapi. Setelah dikocok, semprotkan larutan ini ke seluruh bagian rumah untuk mengusir nyamuk.

Gimana, tertarik untuk memakai rosemary untuk mencegah nyamuk datang ke rumah, Millens? Cara untuk memakainya juga nggak sulit, bukan? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved