inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Rafael Struick dan Witan Sulaeman Masuk Nominasi Gol Terbaik Piala Asia U-23 2024
Jumat, 10 Mei 2024 08:50
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Gol Witan Sulaeman ke gawang Yordania masuk nominasi gol terbaik Piala Asia U-23 2024. (Dok PSSI)

Gol Witan Sulaeman ke gawang Yordania masuk nominasi gol terbaik Piala Asia U-23 2024. (Dok PSSI)

Meski berakhir dengan gagal lolos Olimpiade 2024 Paris, perjalanan Timnas Indonesia U-23 patut diacungi jempol. Dua pemain kita bahkan masuk nominasi gol terbaik Piala Asia U-23 2024.

Inibaru.id – Perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 berakhir sudah. Setelah finish di peringkat 4 usai kalah 2-1 dari Irak di pertandingan perebutan peringkat ketiga, Timnas juga dipastikan gagal lolos Olimpiade Paris 2024 karena kalah pada pertandingan play-off melawan Guinea pada Kamis (9/5/2024).

Meski berakhir menyakitkan, sebenarnya perjalanan Timnas Indonesia U-23 cukup membanggakan. Meski ditarget lolos grup, sebenarnya banyak pihak yang pesimis Timnas bisa mengungguli lawan-lawan yang di atas kertas dan peringkat FIFA lebih tinggi seperti Qatar, Australia, dan Yordania. Tapi, nyatanya Timnas mampu tampil gemilang sampai-sampai menembus babak semifinal.

Target pelatih Shin Tae-yong yang pengin Timnas lolos babak semifinal awalnya dianggap terlalu berlebihan. Tapi pada akhirnya dia mampu membuktikan kalau Timnas memang mampu. Meski kemudian berturut-turut kalah dan nggak lolos Olimpiade, bisa dikatakan, inilah kali pertama setelah sekian lama Timnas bisa kembali bikin gairah masyarakat atas sepak bola kembali tinggi.

Nah, dari 8 gol yang diceploskan Timnas selama enam kali bertanding, ada dua gol yang ternyata masuk dalam nominasi gol terbaik Piala Asia U-23 2024 Qatar. Gol pertama yang masuk nominasi tersebut adalah yang dicetak Witan Sulaeman saat Garuda Muda membantai Yordania dengan skor 4-1.

Gol Rafael Struick ke gawang Korea Selatan juga  masuk nominasi gol terbaik. (AFC)
Gol Rafael Struick ke gawang Korea Selatan juga masuk nominasi gol terbaik. (AFC)

Pada pertandingan tersebut, Witan mencetak gol kedua Timnas dengan cara menyelesaikan umpan tiki-taka yang diakhiri dengan assist Rizki Ridho. Dengan jeli, Witan memakai kaki kirinya untuk melakukan tendangan pisang melengkung ke pojok kanan gawang Yordania. Gol ini mengingatkan banyak orang dengan gol-gol Lionel Messi kala masih berjaya di Barcelona.

Sementara itu, gol kedua yang masuk nominasi adalah tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti Rafael Struick yang menghujam ke gawang Korea Selatan pada babak perempat final. Berkat gol tersebut, Timnas mampu menahan imbang 2-2 raksasa Asia tersebut hingga akhirnya menang adu penalti.

Dua gol tersebut bersaing dengan gol-gol keren lain sepanjang turnamen yang diceploskan Ahmed Al Rawi dari Qatar, Aiman Yahya dari Arab Saudi, Khuat Van Khang dari Vietnam, Hassan Khalif dari Irak, Alibek Davronov dari Uzbekistan, dan Mao Hosoya dari Jepang.

Nggak hanya masuk nominasi gol terbaik, Rafael Struick juga masuk nominasi Future Star of the Tournament bersama dengan Ali Jasim dari Irak, Abdullah Radif dari Arab Saudi, Ahmed Al Rawi dari Qatar, Khusain Norchaev dari Uzbekistan dan Mao Hosoya dari Jepang.

Khusus untuk nominasi gol terbaik, kamu bisa lo ikutan voting di situs resmi AFC. Ingat, votingnya bakal ditutup pada Minggu (12/5/2024) nanti. Gimana, siap untuk meramaikan voting ini, Millens? (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved