Pokoknya, Jangan Ikutan Instagram Challenge yang Ungkap Data Pribadi Kamu, Ya!

Pokoknya, Jangan Ikutan Instagram Challenge yang Ungkap Data Pribadi Kamu, Ya!
Instagram Challenge yang mengungkap data pribadi. Bisa berujung penipuan, lo. (Twitter/elvaraika_)

Kamu ikutan Instagram Challenge yang isinya mengungkap data pribadi seperti nama panggilan kamu, jarak usia pasangan, dll? Hati-hati ya. Hal ini bisa membuatmu jadi korban penipuan, lo!

Inibaru.id – Kalau kamu aktif memainkan media sosial Instagram, pasti bakal tahu soal Challenge yang isinya adalah mengungkap sejumlah hal tentang dirimu. Pertanyaannya simpel-simpel sih, seperti nama anak, saudara, atau nama panggilan kamu. Masalahnya, ternyata hal ini bisa membuat kamu rentan terkena penipuan, lo.

Salah seorang selebtwit Dita Moechtar di akun @ditamoechtar_ mengungkap hal ini di akun Twitternya. Dia menceritakan kisah temannya yang tiba-tiba menangis di telepon karena baru saja ditipu. Sang penipu sangat meyakinkan karena bisa mengetahui panggilan sayang temannya, yakni “Pim”. Padahal, hanya orang-orang dekatnya yang tahu panggilan ini sehingga teman Dita percaya kalau orang yang meminta tolong ditransfer uang adalah saudaranya.

Lantas, dari mana sang penipu tahu nama panggilan sayang “Pim” ini? Ternyata, penyebabnya adalah sang teman ikutan Instagram Challenge yang belakangan sedang nge-tren, tepatnya yang meminta “Variasi Panggilan Nama Kamu”. 

Kamu tahu sendiri kan, tingkat literasi orang Indonesia ini masih ya, begitu, deh. Hal ini makin diperparah dengan banyaknya orang yang rela melakukan apa saja asalkan ikutan tren atau biar viral. Dita sendiri mengungkap ada orang-orang yang bahkan dengan enteng ikutan Instagram Challenge yang isinya mengungkap tanda tangan. Duh, duh, ini orang-orang yang berniat jahat seperti dimudahkan sekali, ya!

Data-data pribadi ini kalau didapat orang lain, bisa membuatmu jadi korban penipuan. (Twitter/GelarPrakosa)
Data-data pribadi ini kalau didapat orang lain, bisa membuatmu jadi korban penipuan. (Twitter/GelarPrakosa)

Ternyata, di Instagram juga sudah ada yang iseng mengeluarkan Challenge yang jelas-jelas meminta data-data penting seperti Nama Gadis Ibu Kandung, Tempat Tanggal Lahir, Alamat Rumah, hingga yang cukup berbahaya, Swafoto dengan KTP, lo. Ada juga yang meminta foto profil WhatsApp hingga jarak usia dengan pasangan. Ini sebaiknya juga nggak diungkap sembarangan, lo!

Kalau itu semua didapat orang jahat, kelar deh dari rekening bankmu bisa dibobol mereka. Kamu juga bisa kena korban salah sasaran pinjaman online (pinjol) deh.

Nggak hanya soal risiko terkena penipuan. Bisa jadi Instagram Challenge ini juga dipakai oleh orang-orang yang mencari korban pelecehan seksual, lo. Nggak percaya? Akun Twitter @ctrlcndr mengunggah orang yang sengaja meminta orang-orang yang suka mengambil gambar kaki. Tujuannya, tentu saja memuaskan fetish alias keterartarikan seksual mereka terhadap kaki orang lain. Nah, lo!

Selain itu, kalau ada yang mengunggah foto anak di depan sekolahnya, lengkap dengan seragamnya. Apa nggak takut tuh nanti anaknya diculik? Zaman sekarang kejahatan bisa terjadi akibat hal-hal yang kelihatannya sepele gitu, lo.

Pokoknya ya, walaupun pengin ikutan Challenge seperti di Instagram ini, jangan pernah ya mengunggah nama ibu kandung, alamat rumah, nomor ponsel kamu, foto KTP, apalagi kamu selfie dengan KTP, foto KK, foto SIM, foto buku tabunganmu. Bahkan, kalau punya foto pribadi, jangan sembarangan unggah ya. Banyak lo predator seksual di luar sana. Hm.

Hm, jadi penasaran, kalau kamu, ikutan Instagram Challenge ini nggak? (IB09/E05)