Pengin Pikat Alien, NASA Kirim Foto Manusia Telanjang ke Luar Angkasa

Pengin Pikat Alien, NASA Kirim Foto Manusia Telanjang ke Luar Angkasa
NASA mengirim foto manusia telanjang ke luar angkasa. (Thetimes.co.uk/NASA)

Ada-ada saja ya ide yang dicetuskan NASA. Mereka pengin mengirim foto manusia telanjang ke luar angkasa demi memikat alien dan menjalin komunikasi dengannya. Hm, kira-kira alien ini beneran ada nggak sih?

Inibaru.id – Badan antariksa Amerika Serikat NASA mengeluarkan ide nggak biasa terkait dengan eksplorasi luar angkasa mereka yang terbaru. Bagaimana nggak, bisa-bisanya mereka memilih untuk mengirimkan foto manusia telanjang demi memikat alien. Buat apa?

Jadi ya, foto yang dikirim adalah gambar pixelated dari laki-laki dan perempuan tanpa busana dengan posisi melambaikan tangan seperti memanggil atau sedang menyapa. Di sisi gambar telanjang tersebut, tercantum pula DNA yang jadi informasi bagi para alien. Meski begitu, entah apakah informasi ini bakal dimengerti oleh para alien atau nggak jika memang mereka benar-benar ada.

Proyek ini diberi nama Beacon in The Galaxy alias BITG. Dalam proyek ini, juga tercantum pesan yang isinya adalah keterangan tentang kehidupan dan gravitasi bumi, Millens.

Proyek ini memang ditujukan untuk menjalin kontak dengan para alien atau makhluk cerdas lain di alam semesta. Maklum, sampai sekarang, keberadaan mereka masih menjadi misteri. Ada yang meyakininya ada, tapi banyak pula yang menganggap nggak ada. Apalagi, sejauh ini yang muncul hanyalah isu-isu terkait dengan benda-benda terbang yang masih belum bisa diidentifikasi alias UFO.

Keberadaan alien atau makhluk luar angkasa masih jadi misteri. (indiatimes.com)
Keberadaan alien atau makhluk luar angkasa masih jadi misteri. (indiatimes.com)

Soal pesan yang dikirim bersama dengan foto-foto tersebut, ternyata dibuat dalam bentuk kode biner. Harapannya, kode ini bisa dipahami dengan mudah oleh para makhluk asing. Mereka diperkirakan memiliki kecerdasan yang setara atau bahkan jauh lebih cerdas dari manusia, lo.

“Kode biner bersifat universal di semua kecerdasan. Biner adalah bentuk matematika paling sederhana karena hanya melibatkan dua keadaan yang berlawanan; nol dan satu, ya dan tidak, hitam dan putih, massa atau ruang kosong… Pesan yang disampaikan mencakup konsep matematika dasar dan bentuk fisik kehidupan, bertujuan untuk membangun komunikasi universal yang diikuti oleh informasi tentang komposisi biokimia di bumi, posisi waktu tata surya di Bima Sakti relatif terhadap gugus bola yang diketahui, serta digitalisasi. Penggambaran tata surya, dan permukaan bumi,” terang NASA.

Sebenarnya, ide mengirim foto manusia telanjang untuk menjalin komunikasi dengan alien bukan kali ini saja tercetus. Saat misi Pioneer 10 (1972) serta Pioneer 11 (1973) diluncurkan, pada antena pesawat keduanya juga ditempel gambar manusia telanjang.

Hm, jadi penasaran ya, apakah para alien ini juga bakal tertarik melihat foto manusia telanjang seperti manusia pada umumnya di dunia? (Kum/IB09/E05)