inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Musik di Waktu Pagi, Cara Asyik Memulai Hari
Rabu, 15 Mar 2023 21:33
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Mendengarkan musik saat bangun tidur dapat meningkatkan mood. (Pexels)

Mendengarkan musik saat bangun tidur dapat meningkatkan mood. (Pexels)

Nggak bisa dimungkiri jika mendengarkan musik favorit membawa keasyikan tersendiri. Tapi, tahukah kamu bahwa mendengarkan musik di pagi hari memberikan banyak manfaat lebih?

Inibaru.id – Tanpa musik, dunia nggak asyik. Barangkali itulah kalimat untuk menggambarkan betapa musik dapat memberi warna dalam hidup.

Bukan cuma untuk mengisi waktu, ada lo sederet keuntungan bisa kita rasakan jika memiliki kebiasaan mendengarkan musik, terutama saat pagi.

Yap, rutinitas yang kita lakukan saat bangun pagi memainkan peran penting dalam menjalani aktivitas sepanjang hari. Alasannya, musik itu bersifat dinamis yang bisa memengaruhi suasana hati, sehingga aktivitas yang satu ini bisa jadi cara terbaik untuk memulai hari

O ya, menit-menit pertama setelah bangun tidur saat pagi adalah momen paling penting di awal hari. Jika pagi dimulai dengan aktivitas menyenangkan seperti mendengarkan musik, hal itu bisa menciptakan semangat tersendiri sebagai bekal menjalani segudang aktivitas. Hebatnya lagi, menurut penelitian kebiasaan ini bisa mendatangkan banyak keuntungan di dalam kehidupan seseorang. Wuih!

Sederet manfaat yang bisa didapat dengan mendengarkan musik di pagi ini dilansir dari Medium. Apa saja?

Memperbaiki Mood

Mendengarkan musik saat pagi dapat membuat mood atau suasana hati menjadi lebih baik. Apalagi kalau yang kamu dengarkan adalah lagu favorit.

Meningkatkan produktivitas

Musik favorit dip pagi hari mendongkrak produktivitas. (via Serambi bisnis)
Musik favorit dip pagi hari mendongkrak produktivitas. (via Serambi bisnis)

Setuju nggak sih kalau irama dan ketukan musik tertentu bisa memicu diri lebih produktif? Terlebih jika dapat memvisualisasikan nada yang didengar. Jadi, ketukan dan irama dari musik yang kamu dengar itu bisa menciptakan frekuensi yang tepat supaya pikiran lebih siap untuk berpikir lebih positif.

Menghilangkan stres

Mendengarkan musik ternyata dapat berdampak positif bagi kesehatan mental. Salah satu efek yang paling dikenal adalah kehebatan musik dalam mengurangi tingkat stres.

Selain itu, mendengarkan musik juga telah terbukti mempercepat proses pemulihan pada orang dengan tingkat stres rendah hingga tinggi. Sebabnya, di dalam tubuh efeknya menghentikan produksi hormon kortisol penyebab stres. Saat kadar hormon stres ini berkurang, secara langsung juga dapat menstabilkan tekanan darah, memperbaiki suasana hati, mengurangi kecemasan hingga meredakan depresi.

Meningkatkan kreativitas

Satu lagi kelebihan mendengarkan musik di pagi hari, yaitu, musik juga mampu meningkatkan kreativitas. Forbes pernah mewartakan, orang yang rutin mendengarkan musik dengan alunan nada dan lagu positif memiliki dorongan kreativitas yang lebih tinggi ketimbang orang yang mendengarkan jenis musik lainnya.

Asal kamu tahu, musik dengan alunan nada positif yang dimaksud adalah jenis musik meditatif. Dari hasil penelitian, mendengarkan musik dapat menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan suasana hati. Adanya perubahan secara biologis ini juga bisa mendorong pemikiran yang lebih kreatif.

Hm, cukup masuk akal ya kalau orang-orang yang hobi mendengarkan musik memiliki kreativitas tanpa batas, Millens? (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved