Kenali Kepribadian Seseorang Berdasarkan Selera Musiknya

Kenali Kepribadian Seseorang Berdasarkan Selera Musiknya
Kenali kepribadianmu melalui genre musik yang sering kamu dengar. (blogunik.com)

Semua orang tentu memiliki selera musik yang berbeda-beda. Ternyata dari jenis musik kita bisa menunjukkan kepribadian seseorang loh! Jadi, musik apa sih yang sering kamu dengarkan? Lalu bagaimana dengan kepribadianmu?

Inibaru.id - Siapa sih disini yang nggak suka musik? Pastinya kamu menjadi salah satu penggemar musik bukan? Lalu jenis musik apa sih yang sering kamu dengarkan?

Di saat kamu memilih genre musik yang enak didengar tentunya hal tersebut melibatkan pikiran dan perasaan. Beberapa penelitian menemukan bahwa genre musik yang paling sering didengarkan berkaitan erat dengan kepribadian lo!

Ahli ilmu psikologi musik, Profesor Adrian North, melakukan survei dalam penelitiannya terhadap lebih dari 36.000 orang dari 60 negara dengan selera musik yang berbeda-beda. Kemudian selera musik tersebut dihubungkan dengan beberapa aspek kepribadian yang dimiliki oleh para responden.

Lalu bagaimana dengan hasilnya?

Ternyata, jenis-jenis musik tertentu memang mewakili sebagian besar tipe karakter seseorang!

Berikut adalah ulasan kepribadian seseorang berdasarkan selera musik yang didengarkan. Yuk, simak!

1.      Musik Pop

Mengutip Verywellmind, pendengar musik pop mengarah pada karakter ekstrovert, jujur, dan bersahaja. Selain itu, bagi kamu yang suka mendengarkan jenis musik pop ternyata memiliki sifat pekerja keras dan punya kepercayaan diri yang tinggi, lo.

Tapi pada beberapa orang yang suka sama jenis musik ini diketahui kurang kreatif dan mudah khawatir. Bagaimana menurutmu, Millens?

2.      Musik Rock dan Metal

Apakah kamu menjadi salah satu penikmat jenis musik yang satu ini? Penyuka musik rock dan metal merupakan orang yang kasar dan arogan. Tapi nyatanya hal tersebut nggak benar, studi mendapati mereka yang suka musik ini malahan memiliki jiwa introvert dan nggak begitu percaya diri.

Meski begitu, di balik jiwa introvert dan nggak percaya dirinya, mereka punya kreativitas yang relatif tinggi. Apa kamu salah seorang penyuka aliran musik ini?

3.      Musik Jazz dan Blues

Ilustrasi musik jazz. (Pixabay via Liputan6)
Ilustrasi musik jazz. (Pixabay via Liputan6)

Penyuka genre musik yang satu ini memiliki karakter ekstrovert dengan kepercayaan yang tinggi. Orang-orang yang gemar dengan genre musik jazz dan blues ini bisa berpikir kreatif, cerdas, tapi tetap santai.

4.      Musik Rap

Jenis musik yang satu ini terkenal dengan lirik-liriknya yang lugas dan musiknya yang dinamis. Nah, bagi kamu yang suka mendengarkan musik rap kemungkinan besar kamu adalah orang yang mudah bersosialisasi. Tapi eh tapi, kamu juga agak arogan, nih!

5.      Musik  Indie

Kamu termasuk penggemar musik indie? Pencinta jenis musik yang satu ini biasanya memiliki kreativitas yang tinggi. Tapi sayang, mereka yang menyukai jenis musik ini dianggap memiliki rasa menghargai terhadap diri sendiri yang relatif rendah, bukan pekerja keras, dan kurang sensitif. Masak sih?

6.      Musik Reggae

Siapa sih disini yang belum pernah mendengarkan jenis musik yang satu ini? Musik reggae merupakan jenis musik yang dikenalkan oleh Bob Marley yang identik dengan jamaika dan gaya hidup yang bebas. Namun para penggemar jenis musik ini umumnya memiliki kreatifitas yang tinggi, sensitif, santai, dan juga mudah untuk bersosialisasi.

Di balik itu semua, penyuka musik ini juga dianggap kurang pekerja keras, Millens.

Nah itulah ulasan mengenai kepribadian dilihat dari selera musik yang sering kamu dengarkan berdasarkan hasil penelitian Prof Adrian North. Namun North menegaskan, bahwa dari hasil penelitiannya bukanlah sesuatu hal yang mutlak.

Karena pada dasarnya kepribadian itu dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang lain juga. Jadi kamu masuk ke dalam tipe yang mana nih, Millens? (Kom,Tri/MG42/E05)