inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mudik dengan Mobil Listrik; Persiapan Harus Lebih Matang
Rabu, 19 Apr 2023 08:00
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Ilustrasi: Mudik menggunakan mobil listrik harus dipersiapkan dengan matang agar perjalanan lancar sampai tujuan. (Ussfeed)

Ilustrasi: Mudik menggunakan mobil listrik harus dipersiapkan dengan matang agar perjalanan lancar sampai tujuan. (Ussfeed)

Ketimbang menggunakan mobil konvensional, persiapan mudik menggunakan mobil listrik harus lebih matang. Banyak hal yang harus dipastikan teratasi, misalnya terkait baterai, stasiun pengisian daya, dan rute perjalanan.

Inibaru.id - Tahun ini pemilik mobil listrik sudah semakin banyak. Jadi, momentum mudik kali ini jalanan juga pasti akan dimeriahkan oleh keberadaan mobil-mobil listrik ya, Millens? Bahkan, untuk mendukung lancarnya mudik menggunakan mobil listrik, Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan ratusan Stasiun Pengisian kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk kebutuhan pengisian dayanya.

Total ada 616 SPKLU yang dioperasikan dan tersebar di 237 lokasi di Indonesia. Sebaran dari 616 SPKLU tersebut meliputi Pulau Jawa sebanyak 171 lokasi, Bali 34 lokasi, Sumatera 35 lokasi, dan Kalimantan 12 lokasi. Selain itu ada pula di Sulawesi 14 lokasi, Maluku 2 lokasi, Nusa Tenggara 9 lokasi, dan Papua 2 lokasi.

Mudik menggunakan mobil listrik adalah salah satu alternatif transportasi yang hemat energi, hemat biaya, dan nggak mencemari lingkungan. tapi, sebelum melakukannya, kamu perlu melakukan persiapan yang lebih matang, termasuk memahami jangkauan mobil, mencari stasiun pengisian daya yang tersedia, dan mengatur jadwal perjalanan agar sesuai dengan waktu pengisian baterai.

Persiapan Menggunakan Mobil Listrik

Kalau kamu adalah salah seorang pengguna mobil listrik, kamu perlu melakukan persiapan-persiapan berikut ini. Simak baik-baik, ya!

1. Cek daya baterai

Ilustrasi: Pastikan kamu tahu lokasi dan ketersediaan stasiun pengisian daya sepanjang rute perjalanan. (Momobil)
Ilustrasi: Pastikan kamu tahu lokasi dan ketersediaan stasiun pengisian daya sepanjang rute perjalanan. (Momobil)

Pastikan baterai mobil listrik kamu dalam kondisi penuh sebelum memulai perjalanan. Pastikan baterai yang terisi cukup untuk jarak perjalanan yang direncanakan, termasuk kemungkinan deviasi atau perjalanan tambahan yang nggak terencana.

Kamu juga bisa membawa baterai cadangan, seperti power bank atau kabel pengisian daya portabel, untuk situasi darurat.

2. Cek stasiun pengisian daya

Periksa dan cari stasiun pengisian daya yang tersedia di rute perjalananmu. Pastikan kamu tahu lokasi dan ketersediaan stasiun pengisian daya sepanjang rute perjalanan, serta jenis konektor yang kompatibel dengan mobil listrik milikmu.

3. Rencanakan rute

Rencanakan rute perjalanan, termasuk berapa kali kamu harus mengisi daya baterai dan di mana akan melakukan pengisian daya. Pastikan kamu memperhitungkan jangkauan mobil, kecepatan berkendara, dan kondisi cuaca yang mungkin mempengaruhi daya tahan baterai mobil listrik.

4. Cek kondisi mobil

Pastikan mobil listrik dalam kondisi baik sebelum perjalanan. Periksa tekanan ban, sistem pendinginan, rem, dan semua komponen penting lainnya. Pastikan juga mobil kamu telah menjalani perawatan rutin yang dianjurkan oleh produsen.

5. Bawa perlengkapan pengisian daya

Bawa kabel pengisian daya yang diperlukan untuk mobilmu, serta peralatan tambahan seperti adapter atau kartu akses untuk stasiun pengisian daya tertentu jika diperlukan. Bawa juga ponsel atau perangkat lain yang dapat digunakan untuk mencari stasiun pengisian daya dan mengakses informasi penting lainnya selama perjalanan.

6. Siapkan rencana alternatif

Siapkan rencana alternatif jika terjadi kendala, seperti stasiun pengisian daya yang rusak atau nggak tersedia. Kenali stasiun pengisian daya alternatif di sekitar rute perjalananmu sebagai cadangan jika diperlukan.

Jika persiapan sudah matang, maka perjalanan mudik menggunakan mobil listrik akan menjadi pengalaman yang menyenangkan deh. Jadi, sudah siap mudik, Millens? (Siti Khatijah/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved