Menguak Siapa "Lina JobStreet" yang Sering Menyapa di E-mail

Menguak Siapa
Siapa Lina JobStreet yang belakangan ini dibahas warganet? (Jobstreet.com.ph)

Gara-gara kelakar akun Twitter JobStreet terkait dengan sepak bola, banyak orang yang kembali mengingat "Lina JobStreet" yang sering "menyapa" e-mail mereka. Sebenarnya, siapa "Lina JobStreet" sebenarnya, ya?

Inibaru.id - Belakangan ini situs pencari kerja JobStreet jadi perbincangan hangat warganet. Hanya, pembicaraannya bukan karena banyaknya orang yang sedang mencari kerja. Yang dibahas justru siapa Lina Jobstreet yang sering mengirimkan e-mail berupa informasi lowongan pekerjaan.

Pembahasan ini muncul gara-gara akun Twitter JobStreet Indonesia @Jobstreetcom berkelakar tentang kekalahan klub sepak bola Italia, Juventus, dari klub kecil Benevento. Dia menyindir manajer klub langganan juara itu layaknya fresh graduate nggak berpengalaman sehingga timnya nggak bisa menang.

"Ketika fresh grad ngerjain kerjaan manager." tulis akun ini pada Senin (22/3/2021) sembari menyematkan gambar skor kekalahan Juventus dari Benevento.

Nah, di kolom komentar, banyak orang yang langsung menyebut Lina untuk menyapa akun JobStreet tersebut. Mereka nggak menyangka Lina yang biasanya menyapa mereka di e-mail ini sampai ikut-ikutan membahas sepak bola yang memang digandrungi masyarakat Tanah Air.

Lina ternyata bukan admin. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Lina ternyata bukan admin. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kalau kamu berpikir jika Lina ini adalah admin JobStreet, kamu salah, Millens. Pihak JobStreet sendiri pernah mengungkap siapa sosok di balik sebutan Lina ini. Satu hal yang pasti, kalau kamu mengira Lina adalah satu orang dan berjenis kelamin perempuan, kamu terkecoh, deh.

Meski ada sejumlah artikel yang mengaitkan Lina JobStreet dengan foto-foto perempuan cantik, ternyata, Lina bukanlah seseorang, melainkan hanya sebuah fitur yang dibuat seakan-akan menjadi seorang perempuan. Hal ini diungkap langsung oleh Country Manager JobStreet Faridah Lim.

Lantas, mengapa nama Lina yang dipilih? Sebenarnya, namanya juga nggak benar-benar Lina ya, namun LiNa. Hanya, karena di Indonesia nama Lina memang sudah kadung lebih populer, jadi kita mengenalnya seperti itu.

Nah, penggagas LiNa ini adalah para pendiri JobStreet. Harapannya, kalau para pencari kerja menerima e-mail dari "seseorang", maka mereka akan merasa dekat dan diperhatikan oleh JobStreet. Apalagi jika mereka sudah lama susah payah mencari kerja.

Ada Lina, Ada Juga Veronica

Sosok perempuan lain yang juga akrab di benak warganet Indonesia adalah Veronica. Kalau yang ini, sering menyapa pengguna ponsel provider Telkomsel. Layaknya Lina, Veronica juga nggak nyata karena hanyalah asisten virtual yang dibuat dari sebuah sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). 

Menariknya, jika pengguna menelepon layanan dari Telkomsel, mereka juga akan mendengar suara perempuan. Hal ini membuat banyak orang yang akhirnya juga merasa dekat dengan Veronica.

Jadi, sudah tahu kan siapa sosok Lina Jobstreet sebenarnya, Millens. Nggak usah baper karena sering diperhatikan Mbak Lina ini saat susah mencari kerja, ya? Haha. (Kum/IB28/E07)