BerandaHits
Minggu, 27 Mar 2022 12:15

Mengenal Retroactive Jealousy, Rasa Cemburu pada Masa Lalu Pasangan

Mengenal Retroactive Jealousy, Rasa Cemburu pada Masa Lalu Pasangan

Retroactive jealousy adalah cemburu pada masa lalu pasangan. (Shutterstock)

Kamu mungkin berharap membuka halaman baru dengan seseorang. Tapi nggak bisa dimungkiri, masa lalu pasangan masih saja terbawa ke dalam hubungan yang sekarang. Akibatnya, kamu sering merasa cemburu. Nah, ini yang disebut retroactive jealousy.

Inibaru.id - Cemburu dalam hubungan asmara memang hal normal selama nggak berlebihan. Tapi, bagaimana jika cemburu pada orang yang pernah dikencani pasangan?

Ternyata, ada lo istilah yang tepat untuk kondisi ini, yaitu cemburu retroaktif alias retroactive jealousy. Bisa diartikan bahwa kamu cemburu dan iri pada hubungan pasangan di masa lalu. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, ikuti tips berikut!

Terima perasaan

Retroactive jealousy nggak membuat kita menjadi orang yang mengerikan kok. Kondisi ini mungkin (hanya) berpotensi menimbulkan perasaan yang nggak menyenangkan. Sebab ketika kamu bersama pasangan, perasaan jadi gelisah atau khawatir tentang masa depan hubungan.

Tapi, mengakui dan menghadapi emosi ini sangat penting. Dengan mengakui bahwa hal ini nggak sehat, kamu dapat lebih mudah menerima bantuan. Kalau dianggap nggak ada, justru dampaknya bisa lebih buruk.

Tempatkan diri di posisi pasangan

Kamu bisa melihat perasaanmu dengan memosisikan diri dari kacamata pasangan. (Pexels)
Kamu bisa melihat perasaanmu dengan memosisikan diri dari kacamata pasangan. (Pexels)

Kamu mungkin terjebak dalam persepsi mengenai diri sendiri. Jadi, coba deh pertimbangkan untuk melihat dunia melalui kacamata pasangan untuk membantu kamu berpikir lebih jernih. Nah, di saat yang sama, kamu bisa memvalidasi sentimen ini. Pasalnya, sangat mungkin retroactive jealousy ini muncul karena ada hal yang pernah kamu alami di masa lalu.

Pikirkan baik-baik tentang apa yang kita khawatirkan

Wajar jika kamu merasa penasaran dengan perilaku pasangan sebelum kalian bertemu atau apa yang membuat dia tertarik kepadamu. Mungkin juga, kecemburuan itu timbul karena kurang informasi. Beberapa orang nggak pengin mendengar mengenai hubungan pasangan sebelumnya karena ingin merahasiakan masa lalunya atau karena takut mendengar tentang perselingkuhan.

Seandainya, kamu nggak pengin membicarakannya, coba renungkan topik ini. Kamu harus paham bahwa membiarkan diri mengakui apa yang bikin penasaran atau sebab rasa penasaran kepada pasangan, berpeluang membuat hubungan asmaramu lebih berkualitas.

Komunikasi

Untuk mengatasi retroactive jealousy, kamu harus memiliki komunikasi yang baik dengan pasangan. Beri tahu mereka bagaimana perasaanmu yang sejujurnya dan asal rasa nggak nyaman itu. Kemudian, cobalah untuk memahami bahwa retroactive jealousy ini bisa menyakiti pasangan, dan perhatikan apa yang akan dia katakan ketika mencoba mengatasi kekhawatiranmu.

Cemburu itu nggak selamanya indah lo, Millens. Ketika kamu menemukan hal yang bikin kamu cemburu, cobalah merenungkan tips di atas. (Kom/IB21/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved