inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mengenal Japandi, Desain Interior Sempurna untuk Milenial
Sabtu, 15 Apr 2023 13:37
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Gaya Japandi didominasi warna cerah seperti putih dan elemen kayu untuk furnitur. (Beddo Desain Concept)

Gaya Japandi didominasi warna cerah seperti putih dan elemen kayu untuk furnitur. (Beddo Desain Concept)

Pengin punya ruangan dengan kesan minimalis, natural, dan fungsional sekaligus? Kamu bisa memilih desain Japandi. Gaya ini merupakan hasil perkawinan gaya timur dan barat yaitu Jepang dan Skandinavia.

Inibaru.id – Bosan dengan desain ruangan yang begitu-begitu saja? Nggah ada salahnya lo kalau kamu memberi sedikit sentuhan agar ruangan di rumah lebih segar. Apalagi untuk lebaran nanti. Tapi, desain ruangan apa ya yang paling pas untuk kaum milenial?

Nah, gaya yang bisa milenial terapkan adalah Japandi. Kaum milenial umumnya menyukai gaya Japandi karena gaya ini menawarkan kombinasi antara desain minimalis, fungsional, dan natural yang memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka yang lebih sederhana dan praktis.

Gaya Japandi (Japanese-Scandinavian) adalah gabungan dari estetika dan desain tradisional Jepang dan Skandinavia. Gaya ini menciptakan harmoni antara kedua budaya tersebut dengan cara menggabungkan elemen-elemen minimalis, fungsional, dan natural yang khas dari desain Skandinavia dengan keindahan dan kesederhanaan yang terdapat pada desain Jepang.

Beberapa ciri khas dari gaya Japandi antara lain penggunaan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan cokelat yang diterapkan pada permukaan kayu dan bahan-bahan alami lainnya.

Selain itu, juga terdapat penggunaan elemen dekorasi yang berupa bunga-bunga dan tanaman-tanaman hijau yang menambah keindahan dan kesegaran pada ruangan.

Gaya Japandi juga menekankan pada fungsi dan kepraktisan dari setiap elemen desain. Hal ini tercermin dari bentuk-bentuk furnitur yang simpel dan elegan, serta penggunaan material alami seperti kayu, kertas, dan linen yang memberikan kesan hangat dan menyenangkan pada ruangan.

Tips Menerapkan Gaya Japandi untuk Ruang Tamu

Gaya Japandi menciptakan kesan hangat, tepat guna, dan simpel. (Shutterstock/Creative Wonder)
Gaya Japandi menciptakan kesan hangat, tepat guna, dan simpel. (Shutterstock/Creative Wonder)

Jika kamu nggak ada waktu dan bujet untuk mengubah seluruh ruangan dengan gaya Japandi, nggak jadi soal. Kamu bisa menerapkannya pada ruang tamu. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menerapkan gaya Japandi di ruang tamu:

1.       Warna netral

Pilihlah warna netral seperti putih, abu-abu, atau cokelat untuk warna dominan pada dinding dan lantai ruang tamu kamu. Warna netral akan memberikan kesan tenang dan damai pada ruangan.

2.       Material alami

Gunakan material alami seperti kayu, kertas, dan linen untuk furnitur, karpet, dan bantal. Material alami akan menambah kehangatan dan kelembutan pada ruangan.

3.       Bentuk simpel

Pilihlah furnitur dengan bentuk yang simpel dan minimalis. Jangan gunakan furnitur yang terlalu rumit atau detail, karena hal tersebut akan mengganggu kesederhanaan dari gaya Japandi.

4.       Pencahayaan alami

Buatlah ruang tamu kamu terang dan terbuka dengan menambahkan jendela yang besar dan pencahayaan alami. Cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan akan membuat ruangan terasa lebih luas dan menyegarkan.

5.       Tanaman hijau

Tanaman hijau seperti pohon fiddle-leaf fig atau monstera dapat menambah keindahan dan kesegaran pada ruangan. Tanaman juga akan memberikan nuansa Jepang yang kental pada ruangan Anda.

6.       Dekorasi sederhana

Kurangi dekorasi dan aksesoris yang berlebihan. Pilih dekorasi yang simpel dan minimalis seperti vas bunga atau lukisan berukuran besar yang diletakkan di dinding.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, ruang tamu kamu akan terlihat simpel, elegan, dan menyenangkan dengan gaya Japandi yang khas. (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved