Mau Ikutan Mudik Gratis Kemenhub? Cek Dulu Caranya!

Mau Ikutan Mudik Gratis Kemenhub? Cek Dulu Caranya!
Pemerintah bakal menggelar mudik gratis Lebaran 2022. (Antarafoto/Fakhri Hermansyah via Ekonomi Bisnis)

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini bakal menggelar mudik gratis untuk masyarakat. Kalau kamu tertarik mudik ke kampung halaman, yuk simak cara dan syaratnya lebih dulu.

Inibaru.id – Jika pada tahun sebelumnya mudik dilarang karena pandemi, maka tahun ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pemerintah mempersilakan masyarakat untuk kembali ke kampung halaman menjelang hari raya. Nah, buat kamu yang berniat ikut mudik gratis yang diadakan pemerintah, bisa banget lo mendaftar secara daring. Pendaftaran ini sudah dibuka sejak Sabtu kemarin, (9/4/2022) melalui link: https://www.mudikhubdat2022.com.

Tujuan diadakannya mudik gratis ini adalah agar masyarakat nggak berbondong-bondong mudik dengan kendaraan pribadi sepeda motor, apalagi dengan penumpang dan barang bawaan berlebihan.

Sebagai informasi, kegiatan mudik gratis tahun ini untuk 10.500 kuota penumpang. Tentunya, ada syarat yang harus kamu penuhi yaitu:

1. Kamu wajib memiliki dokumen sah kependudukan seperti KTP dan KK, sudah vaksin lengkap/booster.

2. Kalau kamu baru mendapat vaksin dosis 2, diwajibkan membawa hasil tes antigen maksimal 1x24 jam atau PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

3. Sementara itu bagi kamu yang baru mendapatkan dosis 1, wajib membawa bukti tes PCR maksimal 3x24 jam sebelum pemberangkatan.

4. Khusus bagi kamu yang mempunyai kondisi kesehatan tertentu dapat membawa bukti hasil tes PCR 3x24 jam dan surat keterangan rumah sakit pemerintah bahwa kamu belum atau nggak bisa mengikuti vaksinasi covid-19 pada saat pemberangkatan.

5. Mau mudik bersama anak? Sertakan dokumen KK ya.

6. Wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Cara Daftar

Mudik gratis diadakan untuk meminimalisasi mudik dengan sepeda motor. (Liputan6/Johan Tallo) 
Mudik gratis diadakan untuk meminimalisasi mudik dengan sepeda motor. (Liputan6/Johan Tallo) 

Kalau kamu memenuhi syarat di atas, langsung saja daftar mudik gratis lebaran 2022 dengan mengakses link https://www.mudikhubdat2022.com.

Begini cara daftarnya di link mudikhubdat2022.com:

1. Login ke laman www.mudikhubdat2022.com

2. Isi datamu dengan lengkap, kemudian tunggu verifikasi dan validasi otomatis oleh sistem.

3. Setelah proses verifikasi dan validasi berhasil, kamu dapat mengunduh dan cetak QR e-tiket peserta mudik.

4. Bawa QR e-tiket tersebut beserta data pendukung lainnya (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus.

FYI, kabar diadakannya kembali program mudik gratis lebaran 2022 disampaikan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam konferensi pers daring yang digelar Jumat, 8 April 2022.

Berdasarkan keterangan Kemenhub, untuk menjalankan program mudik gratis Lebaran 2022, bus yang disediakan mencapai 350 unit.

Dari jumlah tersebut, 270 bus bakal digunakan untuk arus keberangkatan dengan jumlah penumpang 8.100 orang.

Jadwal pemberangkatan mudik gratis 2022 ini dimulai pada 28 April 2022 dengan tujuan 14 kota di Jawa Tengah dan DIY yakni: Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.

Gimana, daerahmu termasuk nggak? Kalau iya, ikut saja deh mudik gratis. Lebih aman dan seru, Millens! (SM/IB21/E07)