Luar Biasa! Harga Daun Jeruk Tembus Rp 100 Ribu per Kg!

Luar Biasa! Harga Daun Jeruk Tembus Rp 100 Ribu per Kg!
Daun jeruk harganya tembus Rp 100 ribu per kilogram di pasaran. (klikdokter.com)

Meski nggak sering-sering banget dipakai untuk memasak, harga daun jeruk sempat tembus Rp 100 ribu per Kg saat Lebaran. Apa penyebab meningkatnya harga salah satu bumbu dapur ini sampai segitu, ya?

Inibaru.id – Nggak hanya harga minyak goreng yang meroket, belakangan ini, harga daun jeruk juga ikut-ikutan jadi mahal, lo. Secara luar biasa, daun jeruk sempat menyentuh Rp 100 ribu per kilogram. Padahal, biasanya harganya hanya Rp 20 ribu sampai Rp 40 ribu per kg.

Salah seorang pedagang di Pasar Buncit, Jakarta Selatan Sri Wahyuni menyebut harga salah satu penyedap masakan ini naik sejak Lebaran, Millens. Kini, harganya sudah turun sedikit jadi Rp 80 ribu per kg.

“Waktu itu pas Lebaran Rp 100 ribu. Ini sudah turun sedikit demi sedikit,” terang Sri, Kamis (12/5/2022).

Sri mengaku nggak mengerti apa alasan harga salah satu bumbu dapur ini sampai meningkat tajam. Maklum, saat mendapatkan pasokannya dari Pasar Induk Kramat Jati, harga yang dia dapatkan sudah tinggi. Khawatir daun jeruk jadi nggak begitu laku, dia pun memilih untuk nggak menyetoknya dalam jumlah banyak.

“Orang cuma beli seribu seribu, kami nggak bisa balik modal. Kalau menyetok daun jeruk (terlalu banyak) bisa busuk. Nggak kuat, sehari saja sudah busuk,” jelas Sri.

Hal yang sama diungkap pedagang lainnya di Pasar Buncit, Karyo. Meski jumlah pembeli daun jeruk tetap banyak, yang dibeli sedikit.

“Belinya nggak banyak, paling Rp 2 ribu, Rp 5 ribu,” jelasnya.

Pedagang nggak mau menyetok daun jeruk dalam jumlah banyak. (thaigold.eu)
Pedagang nggak mau menyetok daun jeruk dalam jumlah banyak. (thaigold.eu)

Daun Jeruk Sering Dipakai di Dunia Kuliner Indonesia

Daun jeruk dikenal luas sebagai salah satu bahan yang dipakai untuk membuat makanan tertentu. Beberapa makanan yang menggunakannya antara lain: kari ayam, rempeyek, urap sayur, atau rendang. Maklum, salah satu rempah ini mampu membuat masakan memiliki rasa dan aroma yang segar.

Masalahnya, daun jeruk harus benar-benar berada dalam kondisi segar agar bisa diolah. Biasanya sih, masyarakat menyimpannya di dalam kulkas agar nggak mudah membusuk. Tapi, mengingat yang dibutuhkan untuk memasak biasanya juga sedikit, maka yang dibeli di tukang sayur atau pasar juga nggak banyak.

Belum jelas apa penyebab pasti dari meningkatnya harga jeruk di pasaran. Satu hal yang pasti, tentu agak aneh jika melihat harganya sampai meroket gila-gilaan. Semoga saja harganya bisa segera turun ya, Millens. (Cnn, Kua/IB09/E05)