Laron Masuk Rumah? Begini Cara Mengusirnya

Laron Masuk Rumah? Begini Cara Mengusirnya
Laron masuk rumah, bagaimana cara mengusirnya, ya? (Theconversation)

Di musim hujan, terkadang ada gerombolan laron masuk rumah dan mengitari lampu. Kalau sudah begini, pasti repot karena bakal membuat rumahmu jadi kotor. Duh, gimana mengusirnya, ya?

Inibaru.id – Salah satu hal yang bikin mood turun adalah jika koloni Laron masuk rumah. Bagaimana nggak, kamu pasti bakal sangat terganggu dengan Laron yang beterbangan di bawah lampu. Kamu pun terpaksa mematikan semua lampu, televisi, hingga gawai kamu. Duh, gimana ya caranya agar bisa segera mengusirnya?

Di musim hujan, Laron memang sering muncul. Biasanya sih mereka muncul bergerombol dalam jumlah yang sangat banyak begitu malam tiba.

Awalnya, mereka bakal mengerumuni lampu-lampu jalan. Lama-lama, mereka bisa mengerubungi lampu di depan rumah dan akhirnya mencari celah untuk masuk ke dalam rumah karena tertarik dengan cahaya lampu di dalam.

Biar Laron ini segera keluar rumah, ada lo beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1.       Kamu Bisa Menyalakan Lilin

Segera matikan lampu jika Laron mulai memasuki rumah. Jika Laron kadung sudah sangat banyak, kamu bisa memakai trik lain, lo, yakni dengan menyalakan lilin. Lo, kok menyalakan cahaya lagi?

Jadi gini, Millens, kamu nggak bisa asal menyalakan lilin. Caranya adalah dengan menyalakan lilin di atas wadah yang bentuknya seperti mangkuk gitu. Jadi, nantinya lilin bisa mengambang di atas air. Setelahnya, lilin yang sudah nyala dan ditempatkan di mangkuk ini kemudian ditempatkan lagi di dalam wadah besar layaknya baskom yang sudah diisi lilin.

Nantinya, Laron akan mengerubungi lilin namun pada akhirnya akan jatuh ke baskom. Memang sih, ini nggak benar-benar mengusir Laron, namun setidaknya bisa mencegah Laron lari ke mana-mana di atas lantai dan bikin kamu harus repot menyapunya nanti.

Laron bisa diusir atau dibasmi. (validnews)
Laron bisa diusir atau dibasmi. (validnews)

2.       Kamu Bisa Memakai Semprotan Pembasmi Serangga

Kalau yang ini sih cara paling simpel buat mengusir Laron yang masuk rumah. Kalau jumlahnya sudah sangat banyak, nggak ada salahnya deh kamu gunakan penyemprot serangga. Dijamin, Laron-laron akan berjatuhan karena mati.

Tapi, kamu juga harus siap dengan efek sampingnya, yakni harus menyapu lantai yang kotor karena banyak Laron yang berjatuhan, Millens.

3.       Gunakan Cabai Merah

Kamu bisa lo menggunakan cabai merah untuk mengusir Laron dari dalam rumah. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan mengiris cabai merah menjadi dua dan menggantungnya di dekat lampu. Jadi, aroma dari cabai ini ternyata nggak disukai Laron sehingga mereka pun akan menjauh dari lampu tersebut alih-alih terbang mengitarinya.

4.       Tanam Rumput Vetiver

Nggak ada salahnya deh kamu menanam rumput vetiver di halaman rumah atau di area di mana lampu-lampu memancar. Rumput ini bisa memancarkan aroma dengan zat nootkatone yang nggak disukai Laron, rayap, kecoa, kutu, hingga semut.

Kalau Laron sudah masuk ke rumah, nggak ada salahnya memasukkan pot dengan rumput vetiver ini untuk mengusirnya.

Kalau kamu, bakal memakai cara apa untuk mengusir Laron yang sudah masuk rumah, nih? (Kom/IB09/E05)