BerandaHits
Jumat, 20 Jan 2023 14:25

Langkah Tepat Menangani Motor Mogok Terendam Banjir

Langkah Tepat Menangani Motor Mogok Terendam Banjir

Ilustrasi: Motor yang terendam air harus ditangani dengan serius agar kerusakan nggak semakin besar. (VOI)

Jika banjir sangat tinggi, besar kemungkinan motor yang terendam nggak akan bisa menyala alias mogok. Jangan panik dulu, ya! Ikuti langkah tepat menangani motor mogok karena banjir berikut ini.

Inibaru.id - Bagi kamu yang tinggal di daerah rawan banjir pasti sering mengalami motor mogok karena kemasukkan air, kan? Ingat, motor yang terendam banjir itu membutuhkan penanganan serius agar kerusakan nggak semakin besar, Millens.

Nah, biar nggak salah penanganan terhadap motor yang terendam banjir, kamu bisa terapkan tips yang diberikan oleh Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brother berikut ini.

Jangan Menghidupkan Mesin

Apabila motor sudah terkena banjir, disarankan untuk nggak langsung menghidupkan sepeda motor dengan cara di electric starter atau kick starter (engkol).

Ini akan menyebabkan piston pecah atau stang piston bengkok (water hammer). Itu karena air yang masuk ke ruang bakar bisa masuk melalui lubang udara atau knalpot motor.

Cari Tempat yang Lebih Tinggi atau Kering

Tujuan mencari tempat yang tinggi atau kering agar kamu dapat melakukan pengecekan. Sembari menunggu motor kering, kamu bisa melakukan pelepasan komponen yang telah dilalui air, seperti saringan udara, knalpot dan busi. Namun tahap ini dibutuhkan beberapa alat dan keahlian.

Tindakan Pertama

Busi merupakan salah satu komponen penting yang harus segera dikeringkan saat motor terendam air. (Istimewa)
Busi merupakan salah satu komponen penting yang harus segera dikeringkan saat motor terendam air. (Istimewa)

Gunakan obeng untuk membuka cover filter udara lalu keringkan area kotak filter udara serta filter udaranya. Hal ini bertujuan agar udara yang masuk bebas dari air. Lalu lepas leher knalpot menggunakan kunci T atau kunci pas agar air yang terlanjur masuk ke ruang bakar dapat keluar.

Setelah itu, balikkan knalpot agar sisa air dapat keluar. Langkah terakhir, buka busi lalu bersihkan busi dan rumah busi menggunakan lap kering. Busi merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembakaran di mesin.

Setelah 3 bagian tadi dibersihkan, kamu dapat membersihkan sisa-sisa air yang berada di ruang bakar dengan cara menstarter mesin agar piston bergerak dan mendorong sisa air keluar dengan kondisi busi dan knalpot yang belum terpasang.

Setelah selesai dan motor dirasa sudah kering dan aman, pasang semua komponen seperti semula lalu coba starter kembali. Lalu segera ganti oli agar terhindar dari water ha.mmer dan kerusakan komponen mesin karena oli yang tercampur dengan air.

Cek di Bengkel Resmi

Selain melakukan tindakan pertama tadi, ada baiknya kamu membawa motor ke bengkel resmi. Dengan service di bengkel resmi, kamu jadi tahu mengenai kualitas serta garansi yang didapatkan.

Nah, mulai sekarang, jika motormu mogok karena kemasukkan air banjir, jangan panik dulu, ya! Lakukan dengan tenang langkah-langkah yang sudah dijelaskan tadi. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Motor Terendam Banjir, Lakukan Langkah-Langkah Ini.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved