BerandaHits
Selasa, 3 Jan 2023 09:06

Mengeringkan Kasur Basah Tanpa Panas Matahari

Mengeringkan Kasur Basah Tanpa Panas Matahari

Ilustrasi kasur basah karena banjir. (istockphoto via Tirto)

Hari sering mendung tapi harus banget menjemur kasur yang kebanjiran? Bisa kok! Paling nggak, ada tiga cara yang bisa kamu tempuh untuk mengeringkan kasur tanpa panas matahari.

Inibaru.id – Hujan deras melanda di sejumlah wilayah di Indonesia sehingga mengakibatkan banjir. Begitu banjir pergi, yang tersisa adalah lumpur dan barang-barang yang basah.

Nggak jarang kasur pun ikutan basah karena terlambat memindahkan kasur.

Karena benda ini sangat penting, kamu harus segera mengeringkannya. Sayangnya, cuaca masih kerap mendung dan hujan. Kamu pun kesulitan menjemur kasur di luar.

Tapi tenang saja, ada cara mengeringkan kasur tanpa harus dijemur.

Pakai hairdryer

Jika kasurmu berukuran nggak terlalu besar dan tebal, pengering rambut bisa kamu gunakan untuk mengeringkannya. Dikutip dari Tips Bulletin, kamu bisa memulai dengan menyerap cairan yang berlebih sebanyak mungkin. Handuk kertas atau handuk penyerap bisa kamu gunakan untuk menyerap kelebihan airnya.

Tekan dengan kuat agar air bisa terserap maksimal. Ganti lagi handuk yang kamu gunakan dengan yang kering. Lakukan langkah ini berulang sampai dapat mengeluarkan cairan sebanyak mungkin.

Kalau air sudah banyak berkurang, kamu bisa menggunakan hair dryer sampai kering. Tapi sekali lagi, ini cuma buat kasur berukuran kecil dan tipis ya!

Pakai kipas angin

Keringkan kasur dengan kipas angin. (SVproduction via Tirto)
Keringkan kasur dengan kipas angin. (SVproduction via Tirto)

Kamu juga dapat memanfaatkan kipas angin untuk mengeringkan kasur. Biar lebih maksimal, gunakan dua kipas angin berukuran standar. Caranya mudah, letakkan kipas angin di kedua sisi kasur dan nyalakan secara bersamaan.

Ketika melakukan langkah ini, ada baiknya kamu membuka jendela agar aliran udara maksimal. Nyalakan juga kipas angin langit-langit jika ada.

Soda kue dan kertas

Siapa bilang soda kue cuma untuk membuat kue atau bersih-bersih? Bahan ini juga bisa lo kamu gunakan untuk mengeringkan kasur. Berdasarkan artikel yang dimuat di laman Hindustan News, soda kue dapat menyerap air dari lapisan dalam dan menghilangkan baunya.

Selain soda kue, kamu juga bisa memakai kertas penyerap. Coba letakkan kertas koran tebal di atas kasur dan tekan agar air terserap.

Kalau tenaga mulai habis, kamu bisa meninggalkan tumpukan kertas di atas kasur selama sehari semalam agar menyerap air dengan sendirinya.

Mungkin, mengeringkan kasur dengan cara-cara di atas kurang maksimal jika dibanding menjemur langsung di bawah panas matahari, tapi seenggaknya air dari kasur bisa dikeluarkan. Kira-kira, cara-cara di atas bakal kamu coba nggak, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved