Kue Putu Masuk Daftar Kue Terenak di Dunia versi 'TasteAtlas'

Kue Putu Masuk Daftar Kue Terenak di Dunia versi 'TasteAtlas'
Kue putu, kue terenak di dunia versi TasteAtlas. (kreasimasakan.com)

Siapa sangka, kue putu yang sederhana dan sering kita dapatkan dari pedagang yang berkeliling ke kampung-kampung ini masuk dalam daftar 100 kue terenak di dunia versi 'TasteAtlas'. Rasa kue ini memang pantas mendapatkan status tersebut, Millens.

Inibaru.id – Kue putu dikenal sebagai salah satu jajanan tradisional yang paling enak di Indonesia. Kenikmatan kue ini ternyata juga diakui oleh situs yang sering mengulas kuliner internasional, TasteAtlas. Situs ini memasukkannya dalam daftar 100 kue terbaik di dunia, lo.

Dalam kategori dengan nama asli 100 Best Rated Cakes in the World itu, kue putu berada di peringkat 52. Sementara itu, di kategori kue terpopuler di dunia atau 100 Most Popular Cakes in The World, kue putu ada di peringkat 86.

Kue dengan warna hijau atau terkadang juga putih dengan bentuk tabung ini dibuat dari tepung beras yang diolah di dalam cetakan bambu. Kue ini juga dilengkapi dengan lelehan gula jawa dan parutan kelapa. Meski sangat sederhana, kue ini memiliki rasa yang kaya dan bisa membuat semua orang ketagihan.

“Adonan tersebut secara tradisional dikukus dalam tabung bambu. Sementara bagian tengah kue diisi dengan gula aren. Setelah dikukus, kue ini ditaburi kelapa parut segar,” tulis situs ini pada Rabu (13/7/2022) lalu.

Kue Lapis Juga Masuk Daftar

Sebenarnya, selain kue putu, kue lapis juga masuk daftar 100 kue paling populer di dunia. Urutannya bahkan lebih tinggi dari kue putu, yaitu di peringkat ke-70. Tapi, kue ini nggak masuk peringkat kue terenak di dunia, Millens.

Cara pembuatan kue putu berbeda dari kue-kue pada umumnya. (topwisata.info)
Cara pembuatan kue putu berbeda dari kue-kue pada umumnya. (topwisata.info)

Beda dengan kue putu yang sangat khas Indonesia, kue lapis juga populer di negara tetangga serumpun seperti Singapura, Brunei Darussalam, serta Malaysia.

“Kue ini disiapkan seperti pudding berlapis lembab dan dibuat dari bahan tepung beras, sagu, gula, garam dan santan. Warnanya kombinasi merah, hijau, atau merah muda,” tulis situs tersebut.

Kue Terenak di Dunia Berasal dari Bulgaria

Status kue terenak di dunia menurut TasteAtlas diraih oleh kue Torta Garash yang berasal dari Bure, Bulgaria. Sementara itu, peringkat kedua berasal dari Republik Ceko, yaitu kue Valassky frgal dan peringkat ketiga adalah kue Karpatka yang berasal dari Polandia.

Sementara itu, kue yang paling populer di dunia menurut situs tersebut adalah kue Pavlova dari Selandia Baru yang sering disajikan saat perayaan nasional di negara tersebut. Sementara itu, kue Kasutera dari Jepang ada di peringkat kedua dan Scahertorte dari Austria ada di peringkat ketiga.

Hm, kue putu memang pantas ya masuk dalam daftar kue terenak di dunia. Apalagi, suara gerobak penjualnya dan cara pembuatannya nggak ada duanya di dunia. Kapan kamu terakhir kali mencobanya, Millens? (Lip/IB09/E05)