inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Ini Kegunaan Lubang di Tengah Kursi Plastik
Selasa, 4 Jun 2024 13:53
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Lubang di tengah kursi memiliki kegunaan, nggak sekadar hiasan. (Shopee)

Lubang di tengah kursi memiliki kegunaan, nggak sekadar hiasan. (Shopee)

Kapan kamu tahu manfaat dari lubang yang ada di tengah kursi plastik? Jika sampai sekarang masih belum tahu, simak ulasan berikut ini!

Inibaru.id - Kursi plastik berbentuk persegi dengan desain yang sederhana tanpa sandaran sudah kita kenal sejak kecil. Biasanya kursi ini ada di warung-warung makan pingir jalan. Makin ke sini model kursi tersebut kian menarik dengan material plastik yang lebih kokoh, namun tetap pada pakemnya: sederhana.

Satu hal yang selalu ada pada kursi plastik jenis ini, yaitu adanya lubang di bagian tengah. Dulu mungkin kita nggak peduli dengan hal itu, ya? Tapi, keberadaannya yang selalu dipertahankan membuat kita bertanya apa kegunaan lubang tersebut?

Situs Goody Feed menjelaskan tentang alasan mengapa kursi plastik ada lubang di tengahnya. Pertama, lubang itu berguna untuk memudahkan kita untuk menumpuk dan memindahkan kursi plastik ke tempat lain. Saat hendak mengambil kursi plastik pun jadi mudah, karena jari tangan bisa masuk ke dalam lubang untuk kemudian menariknya dari tumpukan.

Lubang di kursi juga membuat kursi nggak mudah tersangkut saat ditumpuk karena tekanan udara akibat ruang hampa yang terbentuk di celah dua kursi.

Mudah Mengikatnya

Kursu plastik semakin banyak pilihan warna dan desainnya. (Istimewa)
Kursu plastik semakin banyak pilihan warna dan desainnya. (Istimewa)

Manfaat lain adanya lubang di kursi adalah untuk mengaitkan pengamanan jika sewaktu-waktu kursi harus ditinggal nggak terjaga. Caranya kursi ditumpuk, lalu kaitkan rantai atau tali tambang melewati lubang tengah kursi dan talikan rantai pada dinding atau tiang agar tertambat. Dengan begitu, kursi aman meski ditinggal pemiliknya.

O iya, lubang berbentuk bulat pun ada alasannya lo, Millens. Alih-alih berbentuk persegi, lubang kursi berbentuk lingkaran kecil agar bisa membuat tekanan menyebar merata saat diduduki sehingga kursi lebih kuat dan tahan lama.

Sedangkan lubang berbentuk persegi atau lubang apa pun yang bersudut akan mengalami lebih banyak tekanan di bagian sudutnya, sehingga akan lebih cepat aus dan rusak.

Hm, dengan karakternya yang kuat dan sederhana, pantas saja kursi plastik ini jadi andalan banyak pedagang baik yang berjualan keliling atau kaki lima, ya? Bahkan rumah-rumah pun seringkali ada kursi jenis ini.

Apakah kamu juga memiliki kursi plastik dengan lubang di tengahnya, Millens? Jika iya, sudah berapa tahun usianya sejak membelinya dari toko? (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved