inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Ingat, Kamu Harus Rajin Membersihkan Gagang Pintu Kamar Mandi
Minggu, 15 Okt 2023 15:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Membersihkan gagang pintu kamar mandi. (Shutterstock/Pratchaya Lee)

Membersihkan gagang pintu kamar mandi. (Shutterstock/Pratchaya Lee)

Tanpa disadari, gagang pintu kamar mandi sebenarnya kaya akan bakteri, kotoran, hingga sumber penyakit. Seberapa sering ya idealnya kamu rutin membersihkannya?

Inibaru.id – Agar kamar mandi tetap terjaga kebersihannya, kamu harus rutin membersihkan bak, lantai, dinding, hingga toiletnya. Tapi, pernah nggak kamu terikir untuk membersihkan gagang pintu kamar mandi? Bagian pintu ini sering terlewatkan dan jarang dibersihkan. Padahal, gagang pintu kamar mandi sering tersentuh tangan dan banyak memiliki kotoran, bakteri, atau penyebab penyakit lainnya.

Sebenarnya, bukan hal aneh jika kebanyakan orang nggak terpikir untuk membersihkan gagang pintu kamar mandinya. Menurut keterangan National Health Service (NHS) Inggris, terungkap bahwa 10 persen warga negara tersebut nggak membersihkan gagang pintu kamar mandi di rumahnya seumur hidupnya.

Alasannya, karena mereka nggak menganggap gagang kamar mandi sebagai hal yang penting untuk dibersihkan. Padahal, sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, gagang pintu bisa disentuh banyak orang. Selain itu, tangan-tangan yang menyentuhnya bisa jadi berada dalam kondisi kotor atau sudah terpapar bibit penyakit.

Bayangkan saja ,setelah memegang gagang kamar mandi kemudian kamu memegang makanan yang kemudian kamu konsumsi. Bisa jadi, berbagai kuman, bakteri, dan sumber penyakit lain akhirnya masuk ke dalam perutmu. Kamu pun akan jatuh sakit setelahnya.

Padahal, dalam survey tersebut, diungkap bahwa orang Inggris sebenarnya cukup rajin membersihkan kamar mandinya, yaitu lebih dari 2 kali dalam sepekan. Sayangnya, mereka selalu melewatkan bagian-bagian yang sebenarnya kaya akan bakteri, yaitu keran, gagang pintu, dan keset kamar mandi.

Gagang pintu kamar mandi harus rajin dibersihkan. (iproperty)
Gagang pintu kamar mandi harus rajin dibersihkan. (iproperty)

Biar nggak lupa untuk membersihkannya, kamu bisa kok menerapkan berbagai hal ini saat pengin membersihkan kamar mandi. Simak baik-baik, ya!

1. Kalau di rumahmu memakai toilet duduk, ada baiknya kamu menutupnya sebelum menyiramnya. Setidaknya hal ini membuat bakteri dan kuman nggak tersebar ke seluruh ruangan kamar mandi.

2. Setelah membersihkan lantai, bak mandi, dinding kamar mandi, hingga toilet, pastikan untuk membersihkan keran dan gagang pintu dengan sabun. Saklar lampu kamar mandi juga bisa kamu bersihkan dengan kain dan alcohol.

3. Selalu cuci tangan dengan sabun setelah buang air besar sebelum keluar dari kamar mandi.

4. Jika tangan kamu kotor sebelum masuk kamar mandi, bersihkan dulu dengan sabun di wastafel atau tempat di mana kamu bisa membersihkan tanganmu.

Nah, sudah tahu kan Millens kalau membersihkan gagang pintu kamar mandi secara rutin itu sangat penting. Jangan lagi lupa melakukannya, ya? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved