inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Humane AI-Wearable Diluncurkan, Bakal Jadi Pengganti Smartphone?
Sabtu, 20 Mei 2023 11:39
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Humane AI-Wearable yang disebut-sebut bisa jadi pengganti smartphone. (Interesting Engineering/TED Talk)

Humane AI-Wearable yang disebut-sebut bisa jadi pengganti smartphone. (Interesting Engineering/TED Talk)

Nggak hanya Chatbot AI yang bikin heboh banyak orang, ada teknologi baru lain yang diperkirakan bisa menjadi pengganti smartphone, yaitu Humane AI-Wearable. Seperti apa sih teknologi ini?

Inibaru.id – Perkembangan teknologi dalam setahun belakangan sangat luar biasa. Selain kemunculan chatbot AI yang diperkirakan bakal mengubah dunia internet, bahkan bisa membunuh begitu banyak pekerjaan, kini muncul teknologi lain yang nggak kalah menghebohkan, yaitu Humane AI-Wearable.

Perangkat dengan mengunakan kecerdasan ini dikembangkan oleh Imran Chaudhri serta Bethany Bunogiorno. Banyak pihak yang meyakini perangkat ini bisa jadi pengganti smartphone di masa depan. Soalnya, alat ini bisa membuat telapak tangan manusia berfungsi sebagai layar ponsel. Wah!

Kok bisa begitu? Jadi, Humane AI-Wearable ini berperan seperti proyektor yang bisa memproyeksikan apapun seperti informasi adanya panggilan dari orang lain, hingga pesan teks pada telapak tangan penggunanya. Ditambah dengan adanya asisten suara, penggunanya tinggal membuka telapak tangan untuk mengeceknya. Jadi nggak perlu ambil ponsel di saku atau tas lagi, deh.

Lantas, seperti apa sih bentuk dari perangkat ini? Kalau biasanya kita melihat alat-alat berteknologi tinggi terbaru berupa gelang atau smartwatch, yang ini berupa combadge alias pin yang bisa ditempelkan di pakaian kamu. Yang menarik, alat ini juga bisa dijadikan bagian dari pakaian sehingga nggak mudah hilang atau dicuri ilang. Jadi, nantinya yang terlihat hanyalah bagian kamera, pengeras suara, serta bagian proyeksi.

Humane AI-Wearable memakai teknologi terkini. (Interestingengineering/TED Talk)
Humane AI-Wearable memakai teknologi terkini. (Interestingengineering/TED Talk)

“Kamu nggak akan lagi memerlukan ponsel di masa depan,” tegas Imran Chaudhri di Konferensi TED Talk beberapa saat lalu.

Dalam acara tersebut pula, Chaudhri sempat terlihat mendemonstrasikan fungsi dari alat tersebut. Saat itu, dia mendapatkan telepon dari rekannya, Bethany. Dia tinggal membuka telapak tangannya dan melihat informasi bahwa Bethany sedang menelepon. Dia pun tinggal melakukan perintah ke AI untuk menerima telepon tersebut.

Selain kemudahan tersebut, ada fitur penting lain yang ditonjolkan Humane AI-Wearable, yaitu “Catch Me Up”. Beda dengan sebagian besar ponsel yang masih mengirimkan banyak notifikasi dari berbagai aplikasi yang ada di ponsel, adanya fitur ini membuat pengguna bisa meminta AI pada Humane untuk meringkas apa saja notifikasi yang mereka lewatkan.

Selain itu, ada juga fitur terjemahan yang bisa digunakan jika pengguna membutuhkannya. Jadi, jika AI pada Humane baru saja mengungkap ringkasan notifikasi harian dan kemudian penggunanya meminta penjelasan dengan bahasa lain, dia bisa dengan mudah melakukannya.

Luar biasa ya perkembangan teknologi belakangan ini? Tapi, apakah menurutmu Humane AI-Wearable bakal menggantikan ponsel pintar di masa depan? (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved