inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Hari Ketiga Banjir Grobogan, KAI Masih Terapkan Rekayasa Operasi dan Pembatalan Perjalanan
Kamis, 23 Jan 2025 16:26
Bagikan:
Rel kereta api di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, kebanjiran, Selasa (21/1/2025) pagi. (dokumentasi KAI)

Rel kereta api di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, kebanjiran, Selasa (21/1/2025) pagi. (dokumentasi KAI)

Banjir yang melanda Grobogan masih mengganggu operasional kereta api, memaksa PT KAI Daop 4 Semarang menerapkan rekayasa pola operasi dan membatalkan sejumlah perjalanan. Upaya perbaikan jalur terus dilakukan agar layanan kembali normal.

Inibaru.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang masih menerapkan rekayasa pola operasi akibat banjir yang mengganggu jalur kereta di Km 32+5/7 antara Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati, Kabupaten Grobogan. Hingga Kamis pagi, perbaikan masih berlangsung dengan fokus pada pengeceran batu kricak di jalur terdampak.

Franoto Wibowo, Manager Humas Daop 4 Semarang KAI menyampaikan bahwa hingga saat ini telah dilakukan pengeceran batu kricak sebanyak 2.500 ton atau sekitar 3.800 meter kubik.

“Daop 4 Semarang telah melakukan pengecekan batu kricak sebanyak 2.500 ton atau sekitar 3.800 meter kubik pada jalur yang terdampak. Semoga hari ini salah satu jalur dapat selesai diperbaiki, dan segera bisa dilalui oleh kereta api,” ungkapnya.

Rekayasa Pola Operasi

Beberapa KA terdampak dan harus melalui rekayasa. (via Tribun)
Beberapa KA terdampak dan harus melalui rekayasa. (via Tribun)

Sebagai upaya memastikan layanan tetap berjalan, KAI melakukan pengalihan rute perjalanan pada beberapa kereta api per Kamis, 23 Januari 2025. Kereta yang terdampak rekayasa pola operasi antara lain:

  • KA 220 Kertajaya (Jakarta-Surabaya)- KA 108 Jayabaya (Jakarta-Surabaya)
  • KA 107 Jayabaya (Surabaya-Jakarta)
  • KA 185 Blambangan Ekspres (Ketapang-Jakarta)
  • KA 186 Blambangan Ekspres (Jakarta-Ketapang)
  • KA 64 Sembrani (Jakarta-Semarang)
  • KA 4 Argo Bromo Anggrek (Jakarta-Surabaya)
  • KA 3 Argo Bromo Anggrek (Surabaya-Jakarta)
  • KA 219 Kertajaya (Surabaya-Jakarta)
  • KA 130 Gumarang (Jakarta-Surabaya)
  • KA 78 Pandalungan (Jakarta-Jember)
  • KA 77 Pandalungan (Jember-Jakarta)
  • KA 131 Dharmawangsa Ekspres (Surabaya-Jakarta)
  • KA 132 Dharmawangsa Ekspres (Jakarta-Surabaya)
  • KA 63 Sembrani (Surabaya-Jakarta)
  • KA 126 Harina (Bandung-Surabaya)
  • KA 230 Ambarawa Ekspres (Semarang-Surabaya)
  • KA 232 Ambarawa Ekspres (Semarang-Surabaya)
  • KA 61 Sembrani (Surabaya-Jakarta)
  • KA 1 Argo Bromo Anggrek (Surabaya-Jakarta)
  • KA 2 Argo Bromo Anggrek (Surabaya-Jakarta)
  • KA 235 Airlangga (Surabaya-Jakarta)
  • KA 62 Sembrani (Jakarta-Surabaya)
  • KA 186 Blambangan Ekspres (Jakarta-Ketapang)
  • KA 229 Ambarawa Ekspres (Surabaya-Semarang)
  • KA 236 Airlangga (Jakarta-Surabaya)
  • KA 129 Gumarang (Surabaya-Jakarta)
  • KA 125 Harina (Surabaya-Bandung)
  •  KA 236 Airlangga (Jakarta-Surabaya)

Pembatalan Perjalanan

Selain rekayasa pola operasi, KAI juga membatalkan beberapa perjalanan kereta api pada Kamis, 23 Januari 2025, di antaranya:

  • KA 227 Blora Jaya (Cepu - Semarang Poncol)
  • KA 228 Blora Jaya (Semarang Poncol - Cepu)
  • KA 231 Ambarawa Ekspres (Surabaya - Semarang)
  • KA 170 Tegal Bahari (Jakarta - Tegal)
  • KA 169 Tegal Bahari (Tegal - Jakarta)
  • KA 546 Kedung Sepur (Semarang Poncol - Ngrombo)
  • KA 545 Kedung Sepur (Ngrombo - Semarang Poncol)
  • KA 548 Kedung Sepur (Semarang Poncol - Ngrombo)
  • KA 547 Kedung Sepur (Ngrombo - Semarang Poncol)

Franoto menambahkan bahwa KAI menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas gangguan perjalanan ini.

"KAI menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan atas gangguan perjalanan ini. Bagi pelanggan yang terdampak akibat pembatalan perjalanan, dapat membatalkan tiketnya di stasiun dan bea tiket akan dikembalikan 100 persen maksimal 7 hari sejak tanggal keberangkatan kereta api yang tertera di tiket,” jelas Franoto.

Prioritas Keselamatan dan Kenyamanan

KAI terus memantau kondisi di lapangan dan akan memberikan pembaruan informasi secara berkala. Keselamatan dan kenyamanan pelanggan tetap menjadi prioritas utama.

"Service recovery juga diberikan kepada para pelanggan dengan keterlambatan KA lebih dari 60 menit, dengan pemberian berupa air mineral hingga makanan berat sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tutup Franoto.

Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal perjalanan atau proses pengembalian tiket, pelanggan dapat menghubungi layanan media sosial KAI121, e-mail: cs@kai.id, atau WhatsApp KAI121 di nomor 0811-1211-1121.

Duh, kacau ya kalau rel terendam banjir. Semoga kondisi ini cepat berlalu sehingga perjalanan kembali lancar ya, Millens. Kalau perjalanan keretamu terdampak juga nggak? (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2025 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved