Giliran Italia yang Kaget Indonesia Sudah Vaksin Puluhan Juta Orang

Giliran Italia yang Kaget Indonesia Sudah Vaksin Puluhan Juta Orang
Menkes Italia kaget Indonesia sudah memvaksin puluhan juta orang. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Siapa sangka pencapaian Indonesia mengenai penekanan angka Covid-19 dan vaksinasi bisa bikin negara lain heran? Teranyar, Menkes Italia bertanya-tanya bagaimana Indonesia bisa memvaksin puluhan juta orang dalam waktu singkat.

Inibaru.id – Setelah beberapa waktu yang lalu, politikus Malaysia mengaku heran bagaimana bisa kasus Covid-19 di Indonesia lebih kecil dibanding di negaranya, kini giliran Italia yang kaget mendengar sudah jutaan penduduk yang divaksin.

Peristiwa ini diceritakan Menkes Indonesia Budi Gunadi Sadikin. Jadi, pada waktu Menkes berdiskusi dengan jajaran Menkes dunia beberapa waktu lalu, Menkes Italia Roberto Speranza kaget dengan capaian vaksinasi corona di Indonesia.

"Kita sampaikan Indonesia nyuntiknya sudah 168 juta suntikan ke 69 juta orang (suntikan pertama). Yang kaget pertama itu Menkes Italia karena mereka penduduknya 57 juta," kata Budi dalam webinar yang digelar di RSUP Persahabatan, Kamis (9/9).

"Kita sudah banyak menyuntikkan lebih banyak dari penduduk Italia. Even kita mau nyusul Jerman dari jumlah orang disuntik," imbuhnya.

Para pejabat dunia itu terkejut. Mereka heran kok bisa Indonesia bisa melakukan vaksinasi dengan cepat?

"Mereka bilang, oh Indonesia punya pabrik vaksin apa? Kita bilang oh enggak kita enggak punya tapi kita melobi sebanyak mungkin produsen agar dapat banyak vaksin," ujar Budi.

Banyak politikus dunia yang mengira Indonesia memiliki pabrik vaksin. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Banyak politikus dunia yang mengira Indonesia memiliki pabrik vaksin. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Pada kesempatan itu, Menkes juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada negara-negara yang sejauh ini sudah mendonasikan vaksin untuk Indonesia. Jumlahnya sudah sangat banyak.

"Terima kasih juga menteri-menteri di Eropa dan  AS mereka juga menyumbang donasi cukup banyak vaksin. Total vaksin yang diterima dari donasi udah hampir 40 juta dosis. Itu karena dukungan mereka," ucap Menkes.

FYI, saat ini pemerintah berniat terus mempercepat vaksinasi lo. Targetnya minimal 2 juta suntikan per hari.

"Kita sampaikan sehari udah 1,3 atau 1,4 juta dosis. Sekarang diminta Presiden Jokowi sehari kepala 2 juta dosis. Sekarang kita di posisi ke 6 dunia baik vaksin atau orang yang disuntikkan. Di bawah China, India, AS, Brasil, Jepang," tutupnya.

Wah, nggak nyangka ya sudah sebanyak itu masyarakat Indonesia yang divaksin. Semoga jumlahnya terus bertambah sehingga cepat menuju herd imunity. Eh, kamu sudah divaksin belum, Millens? (Kum/IB21/E07)