inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Gempar Soal Website Indosarang Jadi Forum untuk Menghina Orang Indonesia
Senin, 10 Jun 2024 11:43
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Banyak hinaan terhadap orang Indonesia di dalam website Indosarang. (Istimewa)

Banyak hinaan terhadap orang Indonesia di dalam website Indosarang. (Istimewa)

Tangkapan layar dari website Indosarang yang berisi hinaan terhadap orang Indonesia beredar di media sosial dan menjadi perbincangan hangat. Si pemilik forum telah menyatakan permohonan maaf. Bagaimana kelanjutan kegemparan ini?

Inibaru.id - Baru-baru ini, netizen Indonesia dibuat geram oleh perilaku orang Korea Selatan yang rasisme terhadap warga negara Indonesia di sebuah forum daring warga Korea Selatan yang bekerja di Indonesia. Forum daring warga Korea Selatan tersebut bernama Indosarang.

Seorang pengguna TikTok, menyebarkan aksi rasisme orang Korea Selatan tersebut karena sudah terlalu jauh menghina fisik orang Indonesia hingga agama yang dianutnya.

Unggahan orang-orang Korea Selatan tersebut terdengar jahat karena menghina perempuan Indonesia dengan julukan binatang. Dalam forum tersebut, orang-orang Negeri Gingseng menyebut perempuan Indonesia dengan julukan binatang, yakni monyet pribumi. Nggak hanya itu saja, orang Indonesia juga dianggap menyusahkan dan nggak bisa melakukan apa-apa, selain menonton TikTok.

Tangkapan layar lainnya juga terlihat mereka menjelek-jelekan agama Islam dan Muslim. Selain itu, mereka membandingkan perempuan Indonesia dengan Timur Tengah.

Akun TikTok @5.7fttall kemudian mengunggah unggahan terbaru di situs Indosarang yaitu pada 7 Juni, berisi pernyataan dari pemilik website.

“Sebagai pemilik situs, saya menyadari bahwa beberapa tulisan yang tidak baik telah diterjemahkan dan tersebar di luar situs,” demikian dikutip dari tangkapan layar.

“Pertama-tama saya ingin meminta maaf kepada teman-teman di Indonesia yang merasa terluka karena hal tersebut,” lanjutnya.

Apa Itu Indosarang?

Pemilik website Indosarang telah menyampaikan permintaan maaf. (Istimewa)
Pemilik website Indosarang telah menyampaikan permintaan maaf. (Istimewa)

Hingga tulisan ini diterbitkan, website Indosarang.com masih belum bisa diakses. Nggak diketahui jelas apa yang menjadi penyebab website tersebut nggak bisa dibuka, Millens. Padahal, sebelum viral jadi forum untuk mem-bully orang Indonesia, Indosarang adalah website yang positif.

Buat yang belum tahu, Indosarang adalah situs website berisi komunitas warga Korea di Indonesia atau yang menyukai segala sesuatu tentang Indonesia. Tulisan di dalamnya menggunakan bahasa Korea Selatan.

Berdasarkan keterangan pada halaman depan situs Indosarang.com, tertulis ‘komunitas cinta Indonesia, berisi segala informasi tentang Indonesia, kelas bahasa Indonesia, panduan perjalanan, informasi gaya hidup dan lainnya’. Situs website Indosarang juga memuat fitur tanya jawab tentang kehidupan malam di Indonesia.

Hingga kini, website Indosarang dan isinya yang rasis masih jadi perbincangan hangat di media sosial. Bahkan beberapa netizen Indonesia menyerbu akun pribadi milik influecer asal Korea Selatan seperti Jang Han Sol, Noona Rosa, hingga Kelly untuk dimintai tanggapan.

Wah, sangat disayangkan ya jika banyak orang Korea yang mem-bully orang Indonesia? Semoga ulah dari sebagian oknum ini nggak mencederai hubungan baik yang sudah terjalin antara Indonesia dengan Korea ya, Millens! (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved