inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Pengin Liburan ke Korea Tanpa Visa? Ke Jeju Saja!
Jumat, 17 Mei 2024 14:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Liburan ke Jeju bisa jadi opsi warga Indonesia karena adanya aturan bebas visa di sana. (DBS.id)

Liburan ke Jeju bisa jadi opsi warga Indonesia karena adanya aturan bebas visa di sana. (DBS.id)

Pemerintah Jeju memastikan warga negara Indonesia bisa liburan ke Jeju tanpa visa. Lantas, bagaimana cara agar bisa datang ke sana?

Inibaru.id – Hingga sekarang, Korea Selatan belum menyediakan bebas visa bagi wisatawan asal Indonesia. Tapi, bukan berarti kamu yang pengin liburan ke Korea Selatan harus menyiapkan visa. Nyatanya, ada wilayah di Korea yang bisa kamu datangi tanpa visa. Pulau Jeju namanya.

Ada banyak alasan yang membuat Korea masih belum menyediakan bebas visa bagi Indonesia. Yang pertama adalah gara-gara Indonesia sendiri belum memberlakukan aturan yang sama bagi warga Korea yang pengin ke Indonesia. Yap, warga Negeri Ginseng harus mengajukan visa on arrival (VoA) kalau pengin datang ke sini.

Ditambah dengan masih tingginya angka pekerja migran ilegal dari Indonesia di Korea, pemerintah Korea Selatan jelas pikir-pikir untuk memberikan bebas visa untuk WNI. Intinya, kalau masalah ini belum terselesaikan, jangan harap bebas visa bagi WNI yang pengin ke Korea bisa terlaksana dalam waktu dekat.

Lantas, mengapa aturan untuk masuk Jeju berbeda? Hal ini disebabkan oleh lokasi Jeju yang terpisah dari Korea daratan. Selain itu, pulau yang berjarak 83 kilometer dari ujung selatan Semenanjung Korea ini juga dikenal sebagai ‘Bali-nya Korea’alias tujuan wisata populer bagi warga Korea dan sekitarnya.

Karena dikenal sebagai pulau wisata inilah, maka Jeju pun memberlakukan aturan tersendiri terkait dengan warga negara mana saja yang bisa masuk ke sana tanpa visa. Nah, untungnya, Indonesia masuk dalam daftar 64 negara tersebut.

Pemandangan alam Jeju di musim semi. (khub.istyle.id)
Pemandangan alam Jeju di musim semi. (khub.istyle.id)

Otomatis, kalau kamu pengin datang ke Jeju, pastikan untuk mendapatkan penerbangan langsung dari Indonesia. Andaipun ada penerbangan transit, pastikan transitnya di Singapura saja agar nggak mengalami masalah dengan visa sebagaimana transit di negara lain.

Biasanya sih, harga tiket pesawat ke Jeju cukup terjangkau. Jika kamu beruntung, biaya pesawat ke sana sekali jalan hanya di angka Rp2 jutaan, lo. Di sana, sistem transportasi umum berupa bus cukup lengkap dan terjangkau sehingga kamu bisa datang ke lokasi wisata hanya dengan bus-bus tersebut.

Yang pasti, kamu harus riset dulu tentang hotel atau tempat makan yang bisa kamu kunjungi di sana. Selain itu, pastikan juga kamu sudah mengetahui tempat-tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi lengkap dengan bus mana saja yang bisa kamu gunakan selama di sana.

Selain menyiapkan berbagai hal tersebut jauh-jauh hari, kamu juga lebih disarankan untuk datang ke Jeju pas musim semi (Maret sampai Mei) dan musim gugur (September hingga November). Pasalnya, pada musim panas, biasanya jumlah wisatawan sangat banyak yang datang ke sana.

Pada musim semi dan musim gugur, suhu udara di Jeju cukup sejuk. Di musim semi, banyak bunga-bunga cantik bermekaran di sana. Sementara itu, pada musim gugur, dedaunan berubah warna menjadi kuning kemerahan. Intinya, pemandangan alam di sana bakal jauh lebih cantik.

Kalau kamu penasaran dengan seperti apa cantiknya Jeju, bisa pantengin film atau drama Korea yang syuting di sana seperti Our Blues (2022), Soulmate (2023), dan Check Out the Event (2021). Kalau setelah menontonnya kamu merasa pemandangan pulau ini cocok buatmu, nggak ada salahnya kan merencanakan liburan ke Jeju, Millens? (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved