inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Gelang Jemaah Haji Dibikin di Jepara
Senin, 22 Mei 2023 15:28
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Gelang haji Indonesia dibuat di Jepara. (Via Okezone)

Gelang haji Indonesia dibuat di Jepara. (Via Okezone)

Agar mudah diidentifikasi, jemaah haji asal Indonesia memakai gelang khusus yang terbuat dari stainless steel. Semua gelang yang memiliki barcode ini dibuat di Jepara, Jawa Tengah.

Inibaru.id - Salah satu perlengkapan yang diterima jemaah haji adalah gelang haji. Asal kamu tahu, gelang penanda jemaah haji dari Indonesia ini diproduksi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Nama pengrajin itu adalah Subandi.

Sejak 2009, lelaki berusia 50 tahun dari Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamatan itu telah membuat gelang haji dalam jumlah yang besar setiap tahun.

Pada tahun ini, Subandi telah membuat 106.179 gelang haji, terdiri dari 97.453 gelang untuk haji reguler, 7.226 gelang untuk jemaah haji plus, dan 1.400 gelang untuk petugas haji.

"Untuk yang tambahan 8.000 belum ada informasi," kata Subandi.

Gelang haji dilengkapi dengan barcode. (Liputan6)
Gelang haji dilengkapi dengan barcode. (Liputan6)

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, waktu produksi kali ini kurang dari satu bulan. Dalam dua pekan, Subandi telah menyelesaikan 50 persen dari gelang haji tersebut. Dia menargetkan dapat menyelesaikan sisanya dalam sepuluh hari.

"Kalau dulu-dulu waktunya (pengerjaan), setidaknya 1,5 sampai 2 bulan. Tapi ini waktunya nggak ada segitu. Jadi ya harus dikerjakan siang malam biar bisa selesai tepat waktu," jelas Subandi.

Meski begitu, dia mengaku nggak mengalami kendala yang berarti selama proses produksi. Adapun masalah yang cukup menghambat produksi gelang ini adalah cuaca mendung. Ini karena pengeringan cat pada gelang menjadi terhambat. Subandi hanya mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkan cat tersebut.

Sebagai penanda jemaah haji dari Indonesia, Subandi menggunakan bahan baku pilihan. Gelang tersebut terbuat dari stainless steel jenis 3042b dengan ketebalan 1,2 milimeter, yang merupakan produk Jepang.

Subandi menekankan bahwa kualitas gelang selalu dijaga dan dia berkomitmen untuk menyelesaikan produksi tepat waktu. Dia yakin dapat menyelesaikan produksi sesuai target yang ditentukan.

"Untuk kualitas kami selalu jaga. Juga komitmen pada ketepatan waktu. Kami yakin akan selesai sesuai target," pungkasnya.

Wah, nggak nyangka ya kalau gelang penanda jemaah haji ini ditempa di Jepara, Millens? (Siti Zumrokhatun/E10)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Gelang Penanda Jemaah Haji Indonesia Hasil Tangan Terampil Subandi.

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved