inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Daripada Diisolasi, Mending Uang Sobek Ditukar Saja ke BI
Sabtu, 11 Des 2021 13:58
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Ilustrasi: Uang sobek bisa ditukar ke BI. Ada syaratnya. (Youtube/ Saeful Anas)

Ilustrasi: Uang sobek bisa ditukar ke BI. Ada syaratnya. (Youtube/ Saeful Anas)

Kalau kamu jengah dengan uang sobek atau kumel yang diisolasi. Tukar saja uang ini di Bank Indonesia atau BI. Nah, kira-kira apa saja ya syarat uang yang bisa ditukarkan, ya?

Inibaru.id – Kamu pasti pernah sewot gara-gara mendapatkan uang yang sudah kucel, lecek, sobek, atau bahkan diisolasi. Seringkali sih ya, uang sobek ini berupa kembalian. Namun, bisa jadi kamu menemukan uang-uang dengan nilai pecahan besar yang juga sobek, kucel, atau bahkan diisolasi. Duh, bikin gemas.

Meski masih ada nilainya dan tetap laku di pasaran, uang-uang ini kadang nggak diterima, lo. Ada sejumlah penjual yang bahkan meminta uang yang lebih baik. Alasan penolakan ini sebenarnya ya karena ada orang lain juga yang nggak mau menerimanya. Nah, daripada rugi, mending ditolak deh.

Nah, daripada kamu pusing dengan uang yang sudah kelihatan kucel dan diisolasi ini, sebenarnya bisa lo kamu tukarkan saja ke Bank Indonesia. Kamu tahu sendiri kan bank yang satu ini adalah yang tugasnya mencetak dan mengedarkan uang baru. Jadi, uang yang seringkali ditolak banyak orang karena rupanya yang udah nggak menarik bisa deh diganti dengan yang lebih baik.

Penukaran uang rusak atau cacat ini bahkan nggak selalu harus dilakukan langsung ke kantor Bank Indonesia, Millens. Ada lo aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah alias PINTAR yang sudah dirilis BI sejak 9 Desember 2021 lalu. Kamu bisa kok mengaksesnya di pintar.bi.go.id.

Nah, pertanyaan lain pun muncul. Apa semua uang yang rusak, sobek, cacat, kucel, atau bahkan diisolasi bisa ditukar di BI. Hm, ternyata nggak semuanya, Millens. Kalau mau menukarnya, sebaiknya pastikan dulu uang itu masih memenuhi syarat-syarat berikut ini.

Uang sobek bisa ditukar di BI. (twitter.com/syueb2011)
Uang sobek bisa ditukar di BI. (twitter.com/syueb2011)

· Uang yang bisa ditukar adalah uang yang rusak karena terbakar, berlubang, atau bahkan hilang sebagian. Uang yang sobek atau mengerut karena sering dilipat atau diremas juga bisa kok ditukar.

· Pastikan uang masih memiliki tanda keaslian ya. Setidaknya masih bisa dilihat atau dikenali.

· Nah, ukuran fisik uang yang mau kamu tukarkan juga harus dicek. Setidaknya, masih ada dua per tiga dari ukuran aslinya ya, Millens.

· Kalau rusaknya nggak sengaja seperti tersobek atau dimakan rayap, nggak apa-apa lah. Tapi, kalau sengaja disobek atau digunting, BI biasanya sih menolaknya.

· Kalau uang logam yang kamu mau tukarkan, pastikan ukurannya masih lebih besar dari setengah ukuran aslinya ya, Millens.

· Kalau uangmu hilang atau musnah, apapun sebabnya sehingga kamu nggak bisa lagi menemukannya. Ya jelas nggak bisa ditukar. Karena memang nggak ada yang bisa ditukarkan, kan, Millens?

Jadi, sudah tahu kan kalau kamu bisa menukar uang yang sobek, lecek, robek, atau bahkan diisolasi, Millens? (Lip/IB09/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved