Cara Cek Kualitas AC Mobil yang Mudah dan Perawatannya

Cara Cek Kualitas AC Mobil yang Mudah dan Perawatannya
Seperti mesin, AC mobil juga butuh dicek dan dirawat secara berkala. (Pixabay/Karolina Grabowska)

AC menjadi komponen interior mobil yang penting sebagai penunjang kenyamanan pengendara. Lalu, gimana cara cek kualitas AC mobil dengan mudah plus perawatannya? 

Inibaru.id - Cara cek kualitas AC mobil sangatlah mudah dan tidak ribet. Kunjungi https://otoklix.com untuk membantu perbaikan ringan kendaraan seperti perbaikan AC. Otoklix adalah aplikasi booking service yang akan membantu Anda menemukan bengkel terdekat hingga service ringan seperti ganti oli, ban mobil, tune up, bahkan cuci mobil. 

Sebagaimana mesin mobil, AC juga bisa saja mengalami masalah atau bahkan kerusakan. Oleh karena itu, kamu harus memahami segala indikator penyebab terjadinya kerusakan tersebut selain melakukan perawatan rutin.

Ini wajib dilakukan jika ingin AC berumur panjang dan berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut adalah cara mengenali tanda-tanda AC mobil sedang mengalami masalah.

Mendeteksi AC Bermasalah

1. Gunakan Indra Penciuman

Langkah pengecekan ini terbilang cukup sederhana. Cobalah menyalakan AC sesaat setelah mesin mobil dipanaskan. Dekatkan hidung ke AC. Jika mencium bau apek, berarti ada masalah dalam mesin pendingin udara tersebut.

Bukan berarti AC mengalami kerusakan, hanya saja pada bagian evaporator atau salurannya ada kotoran atau bakteri yang bersarang di sana. Disarankan agar membersihkan evaporator secara rutin selama 3-6 bulan.

Cara mudah mencegah komponen evaporator kotor adalah selalu menjaga kebersihan kabin dan tidak membuang sampah sembarangan. Boleh juga memasang filter kabin agar kotoran nggak masuk tersedot blower.

2. Melihat Kondisi Selang AC

Cara cek kualitas AC mobil berikutnya adalah membuka kap mesin dan periksa kondisi selang AC. Jika ditemukan selang AC berair, dapat dikatakan bahwa kondisi AC masih bagus.

Bisa juga dengan memegang selang tersebut, dingin atau tidak. Jika selang terasa dingin saat dipegang, berarti AC dalam kondisi bagus.

3. Cek Angin dari Kisi-Kisi AC

Pada langkah pengecekan ini, nyalakan AC pada posisi paling kencang. Jika aliran udara dingin yang keluar terasa kencang, filter AC dalam keadaan baik. Namun, jika terasa ada yang menghalangi, periksalah bagian filter atau evaporator AC tersebut. Bisa saja ada sumbatan kotoran di sana.

4. Cek Perputaran Kipas AC

Kuat dan lemahnya kipas AC yang berputar juga dapat dijadikan sebagai deteksi awal adanya masalah pada AC mobil. Oleh karena itu, segera bawa mobil ke bengkel terdekat guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Bingung menemukan bengkel AC mobil yang berkualitas baik? Meskipun hanya berupa platform, Otoklix dapat membantumu menemukan jawaban dari permasalahan ini. karena Otoklix memiliki fitur peta pada website yang akan membantu menandai lokasi para penggunanya, lalu merekomendasikan bengkel AC mobil terdekat.

5. Cek Kompresor AC Mobil

Terkadang, sebagai pemilik mobil, kita nggak bisa merasakan kebocoran yang terjadi pada sistem AC. Biasanya kita baru menyadari ketika pelumasnya habis dan membuat kompresor tidak bekerja.

Cara mengeceknya adalah dengan memeriksa sambungan-sambungan selang AC di ruang mesin. Jika ada noda oli di sekitarnya, dapat dipastikan selang kompresor mengalami kebocoran.

Kompresor merupakan salah satu komponen utama AC yang berperan memompa freon ke seluruh sistem AC. Jika terdengar suara desisan atau dengkuran, bisa saja oli kompresor habis atau kurang.

Oli kompresor berfungsi menjaga suhu kompresor dan meminimalisasi gesekan. Jika oli habis atau berkurang, kerja AC menjadi lebih berat, sehingga mengeluarkan bunyi.

Sebagai upaya pencegahan, lakukan penggantian setelah kendaraan menempuh jarak 20.000 kilometer. Jika belum mencapai 20.000 kilometer tapi oli sudah banyak berkurang, segeralah ganti saluran oli, karena bisa saja terjadi kebocoran.

6. Cek Refrigerant (Freon AC)

Cara memeriksa AC mobil berikutnya adalah cek lubang kaca kecil yang ada di dekat kompresor AC. Freon yang dalam kondisi bening menunjukkan masih penuh. Namun, jika ada busa putih pada kaca, freon sudah berkurang. Sementara, kaca freon yang tampak bening menunjukkan gas freon sudah habis.

Penandanya, AC sama sekali nggak terasa dingin meski ada embusan angin.

Cara Merawat AC Mobil

Selain cara pengecekan, ada baiknya sebagai pemilik mengetahui cara merawat AC mobil agar tetap dingin. Ini penting, karena AC yang nggak terawat membuat hawa dingin yang dihasilkan nggak sempurna.

Ada beberapa hal mudah yang bisa kamu lakukan untuk merawat AC mobil, di antaranya menjaga kebersihan kondensor. Setelah itu menjaga kebersihan evaporator agar aliran udara yang berhembus tidak terhalang.

Sebagai upaya pencegahan bagian evaporator agar nggak cepat kotor, kamu bisa memasang filter AC dan menggantinya secara berkala. Hal yang perlu diingat saat mengganti filter refrigerant adalah jangan lupa menambah gas refrigerant.

Penggantian filter secara berkala juga bisa menjadi upaya pencegahan terjadinya sumbatan pada keran ekspansi dan rusaknya komponen kompresor AC.

Bagaimana, sudahkah Anda memahami cara cek kualitas dan perawatan AC mobil? Pastikan kamu menerapkan dengan benar sehingga AC mobil berfungsi optimal. Otoklix menyediakan layanan sesuai kebutuhan mobil kamu dengan kualitas terbaik. (Ads/IB04/E03)