Cara Bikin NFT di OpenSea Biar Sukses Seperti Ghozali Everyday

Cara Bikin NFT di OpenSea Biar Sukses Seperti Ghozali Everyday
NFT Ghozali Everyday membuat banyak orang terinspirasi bikin NFT di OpenSea. (OpenSea)

Pengin sukses seperti Ghozali Everyday yang menjual NFT di OpenSea berupa foto selfie sampai miliaran Rupiah? Yuk simak cara bikin NFT ini, Millens.

Inibaru.id – Kehebohan Ghozali Everyday yang bisa menjual NFT foto selfie hingga miliaran Rupiah bikin banyak orang penasaran. Mereka pengin tahu cara bikin NFT di OpenSea, tempat di mana Ghozali mengunggah foto-foto selfie-nya. Hm, jadi penasaran ya caranya.

Kisah Ghozali jadi perbincangan masyarakat Indonesia gara-gara NFT foto selfie sejumlah 933 foto laku keras di OpenSea. Awalnya, NFT foto selfie ini dihargai hanya 0,0001 ETH (mata uang kripto Etherium) atau kalau di-Rupiahkan hanya, Rp 45 ribu. Namun, harga per fotonya melambung jadi 0,3 ETH atau sekitar Rp 14 juta!

Omong-omong, gimana sih cara bikin NFT di OpenSea sebagaimana yang dilakukan Ghozali Everyday ini? Jadi, NFT alias Non-Fungible Token ini memang bisa dijadikan tempat bagi orang-orang yang ingin mendapatkan uang dari transaksi digital. Apalagi, sepanjang 2021 lalu saja, DappRadar menyebut transaksi di NFT sudah mencapai sekitar Rp 357 triliun, lo, meningkat tajam dari hanya Rp 1,3 triliun pada tahun sebelumnya.

Hal ini disebabkan oleh penjual NFT juga naik drastis dari hanya 545 ribuan pada 2020 jadi 28,6 juta pada 2021. Otomatis, transaksinya semakin ramai dan nilainya juga semakin meningkat.

Sebenarnya sih ya, NFT ini semacam sertifikat dari suatu barang digital. Kalau di kasus Ghozali Everyday, dia yang punya NFT alias kepemilikan dari foto-foto selfie-nya. Nah, karena ada orang yang berminat dengan foto-foto itu, otomatis harus membelinya ke Ghozali.

Hal-hal lain yang bisa dijadikan NFT adalah gambar atau karya seni rupa lainnya, video, dan lain-lain. Nah, karena sudah ada sistem blockchain yang terenskripsi dengan baik, otomatis bisa dipastikan siapa pemilik unik dari NFT-NFT tersebut dan nggak bisa diduplikasi atau dibajak oleh orang lain.

Oleh karena itu, kalau punya karya otentik punyamu sendiri seperti foto atau lainnya. Bisa kok kamu jadikan NFT. Kali aja laku karena karyamu nggak bakal bisa dibajak orang lain. Karena itu jadi satu-satunya, bisa jadi harganya bakal naik di kemudian hari, kan?

Salah satu NFT Ghozali Everyday yang laku di OpenSea. (OpenSea/Ghozali_Ghozalu #732)
Salah satu NFT Ghozali Everyday yang laku di OpenSea. (OpenSea/Ghozali_Ghozalu #732)

Membuat NFT di OpenSea Seperti Ghozali Everyday

OpenSea sebenarnya hanya satu dari sekian marketplace NFT di dunia maya. Namun, OpenSea bisa dianggap sebagai salah satu yang terbesar karena ada 300 ribu pengguna dengan 34 juta NFT yang diperdagangkan. Kalau mau mendaftar di sini. Kamu harus punya dompet digital mata uang kripto dulu, Millens. Kebanyakan sih memakai mata uang kripto berjenis Ethereum.

Contohlah, kamu memakai dompet digital mata uang kripto Metamask. Bisa kok mengunduh aplikasinya dulu di ponsel atau komputer kamu. Setelahnya, kamu tinggal membuat dompet baru di sana. Pastikan baca ketentuannya biar kamu tahu cara kerjanya dan kemudian membuat kata sandinya, ya?

Kamu kemudian tinggal membeli mata uang kripto Ethereum untuk memulainya. Bisa kok membelinya dengan kartu kredit atau debit. Namun, kamu harus mengisi data diri dulu untuk “mengaitkan” kartu debit/kredit ini dengan akun Metamask ini. Ikuti saja persyaratan yang ditentukan oleh Metamask, ya?

Kalau sudah punya Ethereum di dompet digital Metamask, kamu, tinggal bikin akun di OpenSea, deh. Begini urutannya.

·         Buka situs opensea.io di komputer atau ponsel kamu.

·         Setelah mendaftar akun dan melengkapi profil, termasuk foto kamu, pilih saja opsi “Connect Wallet” dan tinggal pilih dompet digital mata uang kamu seperti Metamask.

·         Jika ada pemberitahuan dari MetaMask, tinggal pilih juga “Connect Wallet” untuk mengaitkannya dengan OpenSea. Setelahnya, kamu tinggal mengatur profilmu di OpenSea.

·         Lengkapi profilmu dan nantinya OpenSea bakal mengirim pesan verifikasi di e-mail.

·         Akun OpenSea-mu sudah siap.

Cara membuat NFT di OpenSea, tahapannya cukup banyak. (Flickr/Marco Verch)
Cara membuat NFT di OpenSea, tahapannya cukup banyak. (Flickr/Marco Verch)

Lantas, bagaimana cara membuat NFT di OpenSea? Berikut tahapannya.

·         Di akun OpenSea kamu, klik saja “Create”, setelahnya unggah apapun yang pengin kamu jadiin NFT seperti gambar, foto, video, dll.

·         Kalau NFT kamu bermuatan sensitif, kasih pengaturan saja. Setelahnya, klik “Create” untuk menyelesaikannya.

·         Kalau mau menjualnya, klik “My Collection” dan kemudian pilih NFT yang pengin kamu jual dan klik “Sell”

·         Kalau sudah pasti pengin menjualnya dengan harga berapa, klik “Fixed Price”, kalau bisa dilelang, klik “Time Auction”. Ingat ya, masukkan harganya di kolom “Price” dulu.

·         Atur juga seberapa lama kamu bakal menjual NFT ini di “Duration” dan lalu klik “Complete Listing”. NFT kamu sudah siap dijual.

Kalau kamu mau jual NFT, perlu saldo sebanyak 0,05 Ethereum ya di dompet digitalmu dulu. Angka itu setara dengan Rp 2,3 juta per Jumat (14/1/2022).

Jadi gimana, tetap pengin bikin NFT di OpenSea seperti Ghozali Everyday? (Kom/IB09/E05)