Harus Coba! Kafe, Galeri, dan Workshop Serba Keramik di Naruna Space

Di Jawa Tengah, mungkin hanya ada satu tempat makan dengan konsep seperti Naruna Space yang memadukan kafe, galeri, dan workshop serba keramik di satu tempat.

Inibaru.id – Kafe identik dengan tempat nongkrong dengan suguhan minuman atau makanan kekinian, yang nggak jarang diimbuhi fasilitas live music pada akhir pekan. Namun, suasana berbeda bakal kamu dapatkan di Naruna Space. Di kafe ini, selain mengudap kamu juga bisa belajar cara bikin perabot dari porselen.

Porselen atau keramik adalah barang pecah belah seperti cangkir dan piring yang terbuat dari tanah liat. Nah, di kafe yang berlokasi di Kota Salatiga, Jawa Tengah ini kamu bisa melihat langsung gimana perabot porselen dibuat. Nggak cuma melihat, kamu bahkan boleh membuat perabotmu sendiri, lo.

Pemilik Naruna Space Roy Wibisono mengaku sengaja menjadikan kafenya sebagai "bengkel" terbuka bagi siapa pun yang pengin belajar membuat porselen. Di kafe yang dipenuhi pernak-pernik keramik itu, ada satu ruang terbuka yang khusus digunakan untuk praktik membuat porselen sendiri.

Roy memang dikenal sebagai pengrajin keramik di Salatiga. Bersama dua sahabatnya Oktavianus Dwi dan Indra Purwidiyanto, dia mulai merintis bisnis dengan membuat keramik di garasi rumahnya pada 2019. Produk yang sebagian besar dijual daring itu rupanya laku keras di pasaran.

“Kami sudah ekspor ke sepuluh negara, ternasuk Australia, India, Jepang, Turki, dan Inggris,” ujar Roy di Naruna Space, Selasa (4/1/2022).

Bisnis yang berjalan baik membuat mereka berpikir untuk mengembangkannya ke ranah yang lebih luas. Dari situlah Roy dkk mulai berpikir untuk membuat galeri keramik. Nggak lama setelah galeri berdiri, mereka mulai mencoba peruntungan dengan mendirikan kafe di lokasi yang sama.

Kafe, Galeri, dan Workshop 

Galeri plus kafe yang kemudian diberi nama Naruna Space itu pun segera menjadi magnet untuk masyarakat Salatiga dan sekitarnya yang pengin berwisata kuliner sekaligus belajar bikin keramik. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya selalu ramai pengunjung, terutama pada akhir pekan.

Dari Kota Semarang, kafe yang berada di Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, itu bisa ditempuh dengan berkendara santai selama 45 menit saja. Dengan konsep arsitektur modren yang unik, Naruna Space menawarkan tiga hal sekaligus, yakni kafe, galeri, dan workshop.

“Biar nggak membosankan, kami menawarkan Play Clay atau edukasi pembuatan keramik. Di sini, pengunjung diajari bikin perabot sampai bisa," ungkap Roy sembari menunjukkan pelbagai perabot keramik di Naruna Space. "Produk buatan pengunjung nantinya boleh dibawa pulang.”  

Nah, siapa pun yang pengin healing dari hiruk-pikuk kota wajib datang ke sini. Selain gaya bangunan yang artistik, pemandangan alam di sekitar Naruna Space juga mendukung banget. Dari segi makanan, tempat ini juga menampilkan daftar menu yang lumayan variatif, mulai dari lokal hingga western.

Pencinta makanan lokal bisa menikmati nasi goreng, capcay, atau iga bakar. Untuk menu western, kamu juga bisa memesan steik. Harganya? Nyaman di kantong, kok! Menu makanan di sini dibanderol mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu.

Nindi Indrawati, salah seorang pengunjung Naruna Space, mengaku betul-betul menikmati waktunya di Naruna Space. Menurutnya, semua hal yang ditawarkan di tempat tersebut cukup menarik. Meski tempatnya agak masuk gang, dia nggak menganggapnya sebagai masalah besar.

“Agak masuk gang, tapi semuanya asyik. Arsitektur yang unik, tempat yang nyaman, dan menu yang variatif. Semuanya wow! Ada galeri keramik juga,” ungkap gadis yang sengaja datang ke Naruna Space untuk menjajal bikin perabot keramik tersebut.

Well, untuk kamu yang pengin cari suasana baru, nggak ada salahnya memasukkan Naruna Space dalam daftar wisata kuliner yang harus kamu kunjungi di Jawa Tengah. (Triawanda Tirta Aditya/E03)