Bukan Belasan Miliar, Segini yang Dikantongi Ghozali Everyday dari Jualan NFT Foto Selfie

Bukan Belasan Miliar, Segini yang Dikantongi Ghozali Everyday dari Jualan NFT Foto Selfie
Salah satu NFT foto selfie Ghozali Everyday yang laku sampai miliaran Rupiah. (OpenSea/Ghozali_Ghozalu #732)

Beberapa hari terakhir marak pemberitaan seorang pemuda Semarang bernama Ghozali yang meraup untung hingga belasan miliar rupiah dari menjual NFT berupa foto selfie. Ternyata, segini pendapatan Ghazali yang sebenarnya!

Inibaru.id – Dalam beberapa tahun terakhir banyak ‘seleb onlyfans’ yang menjual foto atau video seksi kepada para penjualnya. Nah, kalau Ghozali Everyday ini berbeda. Dia memang menjual foto selfie bernilai fantastis, yakni Rp 12,6 miliar. Ingat ya, ini nilainya. Nilai ini banyak disalahpahami sebagai pendapatan bersihnya. Padahal aslinya nggak sampai segitu. Terus, berapa nih yang doi dapat?

Jadi, Ghozali ini adalah pemuda 22 tahun asal Semarang, Jawa Tengah. Dia membuat ide brilian dengan menjadikan foto-foto selfie-nya yang sebenarnya terkesan biasa sebagai Non Fungible Token (NFT) yang dijual di OpenSea. Foto-foto ini dia ambil setiap hari sejak usianya 18 tahun atau tepatnya pada 2017 lalu.

Nah, kalau dihitung sampai sekarang, dia punya 933 foto selfie. 

“Itu benar-benar gambar saya sendiri di depan komputer hari demi hari,” ujar laki-laki yang masih jadi mahasiswa ini.

Harga NFT Naik Drastis!

Awalnya, harga NFT Ghozali ini hanyalah 0,001 Ethereum atau sekitar Rp 50 ribu saja. Foto-fotonya kemudian viral di komunitas NFT global sehingga membuat foto-foto ini kemudian mengalami kenaikan harga. Kini, per fotonya bahkan dihargai puluhan juta Rupiah, lo.

Kumpulan foto Ghozali Everyday. (OpenSea)
Kumpulan foto Ghozali Everyday. (OpenSea)

Ada sejumlah foto selfie Ghozali yang bahkan terjual sampai 1 Ethereum atau sekitar Rp 47,8 juta! Salah satunya adalah foto dengan nama Ghozali_Ghozalu #777 yang menunjukkan dirinya memakai kaus berwarna hitam dan memasang ekspresi datar.

Hari ini terjual lebih dari 230 NFT dan sampai sekarang saya tidak mengerti mengapa Anda ingin membeli NFT foto saya. Saya berterima kasih kepada kalian, selama lima tahun usaha saya terbayar,” tulis Ghozali di akun Twitternya @Ghozali_Ghozalu, Selasa (11/1/2022).

Pada Rabu (12/1) kemarin, tinggal 331 NFT dari foto selfie-nya yang belum terjual. Meski begitu, kepopuleran Ghozali membuatnya masuk dalam 30 besar perdagangan 24 jam terbanyak di OpenSea dengan peningkatan perdagangan mencapai lebih dari 54 ribu persen!

Pendapatan Ghozali

Banyak pembeli NFT foto selfie Ghozali yang merupakan penggiat aset kripto. Namun, ada satu nama selebritas yang ikut membelinya, yakni Chef Arnold Purnomo. Dia bahkan sampai membeli 20 NFT, lo.

Nah, pendapatan Ghizali ini dibongkar oleh juri Masterchef ini. Katanya, nggak sampai belasan miliar kok, melainkan sekitar Rp 1 miliar. 

"Artist atau siapa yang listing NFT cuma dapat harga jual awal persen royalti di setiap transaksi," kata Chef Arnold di Instagram, Kamis (13/1/2022).

Keuntungan yang didapat Ghozali adalah 10 persen, Millens. Sampai di sini paham ya?

Oya, apa yang didapat Ghozali merupakan hasil dari sebuah proses. Jadi, jangan mimpi deh, kamu jualan satu atau dua foto bisa langsung duit melimpah. 

Nggak Seksi, Kenapa Banyak yang Beli?

Mungkin bukan hal mengherankan jika foto seksi banyak peminatnya. Tapi, kok bisa foto selfie dengan ekspresi datar juga laris?

Kalau menurut kolektor NFT Adrian Zakhary di akun IG @thezakary, besar kemungkinan penggiat aset kripto menghargai konsistensi Ghozali dalam bertahun-tahun membuat dokumentasi foto selfie-nya dan menjadikannya NFT. Wajahnya yang terlihat polos juga seperti menjadi representasi warga Indonesia.

Kamu ikutan beli NFT foto selfie Ghozali Everyday nggak, nih, Millens? (Det,Sua,Kum/IB09/E05)