inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Buntut Kasus Peretasan PDNS, Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Mundur!
Kamis, 4 Jul 2024 15:24
Penulis:
Bagikan:
Ditjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mundur setelah kasus peretasan PDNS mencuat. (Ditjen IKP Kominfo/Hendra)

Ditjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mundur setelah kasus peretasan PDNS mencuat. (Ditjen IKP Kominfo/Hendra)

Kasus peretasan PDNS ternyata bikin salah seorang pejabat Kominfo memilih untuk mundur. Dia adalah Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan. Semmy mengaku bertanggung jawab atas masalah serangan ransomware ini.

Inibaru.id - Peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) bikin rakyat geram hingga menuntut Menkominfo Budi Arie Setiadi untuk mundur. Dia dianggap bertanggungjawab atas terganggunya layanan di instansi pemerintahan. Nggak cuma itu, BSSN juga mengungkap banyak data yang dijual di dark web.

Meski begitu, Menkominfo tetap bergeming. Justru, sosok langsung ambil sikap adalah Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan. Dia memilih mundur lantaran merasa bertanggung jawab atas peretasan PDNS.

Semuel menyampaikan pengunduran ini di kantor Kominfo Jakarta pada Kamis (4/7/2024). Dia bahkan sudah mengajukan pengunduran dirinya beberapa hari lalu.

“Dengan ini saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin mengajukan pengunduran diri secara lisan kepada Bapak Menteri. Saya juga sudah mengirimkan surat pengunduran diri secara resmi di hari yang sama. Ini adalah bentuk tanggung jawab moral saya, karena secara teknis, masalah PDN ini seharusnya bisa saya tangani,” ungkap Samuel.

Semmy, panggilan akrabnya juga mengungkap kabar terakhir terkait dengan pemulihan PDN yang terkena ransomware tersebut. Menurutnya, pihak Kominfo sudah mencoba kunci enkripsi gratis yang disediakan oleh peretas PDN. Meski begitu, belum ada kelanjutan terkait apakah kunci tersebut bisa memulihkan PDN atau nggak.

“Pas perobaan kunci tersebut semalam sih berfungsi. Tapi kan data yang dikunci sangat banyak, jadi saya belum tahu sudah sejauh apa perkembangannya,” ungkapnya.

Profil Semuel Abrijani Pangerapan

Semuel Abrijani Pangerapan sudah delapan tahun mengabdi di Kominfo. (Viva/Misrohatun Hasanah)
Semuel Abrijani Pangerapan sudah delapan tahun mengabdi di Kominfo. (Viva/Misrohatun Hasanah)

Keputusan Semmy untuk mundur dari jabatannya bisa dimengerti sebagai bentuk tanggung jawabnya atas masalah peretasan PDNS yang bikin banyak sistem seperti imigrasi, beasiswa, hingga pendaftaran murid di sekolah-sekolah mengalami masalah. Meski begitu, keputusannya juga cukup mengejutkan karena bisa dikatakan, Semmy memiliki banyak pengalaman yang dianggap pas untuk mengisi peran di Kominfo.

Bagaimana nggak, laki-laki kelahiran Makassar 27 Desember 1964 ini adalah lulusan California State University jurusan Administrasi Bisnis Minor Informasi Pengelolaan. Dia juga lulus S2 di jurusan Manajemen Konsentrasi Manajemen Strategis di Universitas Pancasila, Jakarta.

Soal pengalaman di bidang Kominfo, Semmy pernah jadi Direktur PT Jasnita Telekomindo, Ketua ASEAN Telecommunications and Information Technoogy Senior Official Meeting, dan Kepala Delegasi ASEAN Telecommunication and IT Minister Meeting.

Semmy juga punya sertifikasi keahilan berupa Asia Pacific Regional Conferencce on Operational Technologies di GSM 2005 Congress, Sertifikasi Training ICT Indicators and Statistic, Sertifikasi Internet Governance Forum (IGF), serta ITU/NTBC Regional and Training Workshop on Telecommunication.

Yap, apapun itu, serangan ransomware PDNS memang cukup fatal dan memalukan, ya, Millens. Wajar jika orang sekaliber Semuel Abrijani Pangerapan memilih untuk mundur karena merasa bertanggung jawab. Kalau menurutmu, kira-kira siapa ya nanti penggantinya dan apakah nantinya bisa mengatasi masalah peretasan PDNS ini? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved