Bendungan Engehalde, Akhir Pencarian Jasad Eril

Bendungan Engehalde, Akhir Pencarian Jasad Eril
Bendungan Engehalde, lokasi tempat jasad Eril ditemukan. (Erwin/SeniorBern.ch)

Jenazah Emmeril Khan Mumtadz, putra Ridwan Kamil, akhirnya ditemukan di Bendungan Engehalde. Jarak bendungan ini dengan lokasi awal Eril hanyut kala berenang di Sungai Aare ternyata nggak terlalu jauh. Awal pencarian bahkan sampai 17 km, tapi jasad Eril ditemukan pada jarak sekitar 5 km.

Inibaru.id – Pencarian jenazah putra Ridwan Kamil Emmeril Khan Mumtadz akhirnya menemui titik akhir. Jasad Eril ditemukan di Bendungan Engehalde Sungai Aare, Swiss. Jarak bendungan ini ternyata tidak terlalu jauh dari lokasi awal Eril hanyut saat berenang pada Kamis (26/5/2022).

Duta Besar RI untuk Swiss Mulaiman D Hadad mengonfirmasi penemuan jenazah Eril karena sudah mendapatkan informasi resmi dari Kepolisian Bern.

“Kemarin kepolisian kantor Bern telah bertemu kami di kantor KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah ananda Eril sekitar jam 6.50 pagi waktu Swiss," jelas Mulaiman, Kamis (9/6).

Eril hanyut tatkala berenang di sektiar Schonausteg bersama dengan adik dan salah seorang rekannya. Kala itu, arus sungai cukup deras. Kabarnya, suhu air di sungai dengan kedalaman sekitar 3 meter ini mencapai 10 sampai 12 derajat Celcius. Sangat dingin jika dibandingkan dengan air di sungai-sungai Indonesia.

Pencarian Eril dilakukan selama 14 hari dengan menelusuri sungai sejauh belasan kilometer. Tapi, ternyata jasad Eril ditemukan di Bendungan Engehalde yang jaraknya sekitar 5-6 km saja dari lokasi awal Eril hanyut.

Spesialis dari polisi maritime dari Polisi Cantonal Bern menemukan jenazah di cekungan bendungan dan kemudian mengevakuasinya,” tulis laporan dari Kepolisian Bern.

Keluarga Ridwan Kamil saat berada di Sungai Aare, Bern, Swiss. (Kompas/Dok. Keluarga Ridwan Kamil)
Keluarga Ridwan Kamil saat berada di Sungai Aare, Bern, Swiss. (Kompas/Dok. Keluarga Ridwan Kamil)

Usai penemuan jenazah pada Rabu (8/6) waktu setempat, Kepolisian Bern pun langsung melakukan tes DNA. Pada Kamis (9/6) pukul 13.45 waktu Swiss, barulah dipastikan kalau jenazah tersebut adalah Eril.

Dimakamkan Besok Senin

Pihak keluarga sudah menerima jenazah Eril yang sudah diurus secara Islam, yaitu dimandikan, dikafani, dan disalatkan.

"Sejauh memungkinkan dengan menjaga kehormatan kondisinya,” jelas adik Ridwan Kamil Elpi Nazmuzzaman saat melakukan konferensi pers dengan Muliaman, Kamis (9/6).

Pada hari yang sama, Ridwan Kamil langsung terbang ke Swiss. Lewat media sosial, dia pun memastikan kalau jenazah Eril diperkirakan akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6) nanti. Sehari setelahnya, Eril akan dimakamkan.

Pencarian Eril selama kurang lebih dua pekan akhirnya selesai ya, Millens. Semoga Tuhan menerima amal ibadahnya dan memberi kekuatan kepada orang-orang yang ditinggalkan. Selamat jalan, Eril! (Era, Aku, Det, Tem, War/IB09/E05)