Benarkah Mi Instan Indonesia Memiliki Kandungan Residu Pestisida?

Benarkah Mi Instan Indonesia Memiliki Kandungan Residu Pestisida?
Mi instan Indonesia punya residu pestisida? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Mi instan Indonesia, yaitu Mie Sedaap dilarang masuk Taiwan, tepatnya oleh BPOM negara tersebut. Isunya, ada kandungan residu pestisida di dalam mi jenama tersebut. Lantas, apakah hal ini memang benar?

Inibaru.id – Kabar mengejutkan datang dari jenama mi instan Indonesia Mie Sedaap. Salah satu mi terlaris di Indonesia ini disebut-sebut nggak boleh masuk Taiwan gara-gara Badan Pengawas Obat dan Makanan negara tersebut menuding mi ini punya residu pestisida berlebihan. Apakah hal ini memang benar?

Marketing Manager Noodle Category Wings Food Arintya Anindyatari selaku bagian dari produsen mi instan ini pun angkat bicara. Dia memastikan kalau penyebab Mie Sedaap nggak bisa masuk ke negara tersebut bukan karena residu pestisida, tapi karena sebab lain.

“Produk Mie Sedaap nggak mengandung pestisida. Penahanan produk dikarenakan adanya perbedaan regulasi yang diterapkan oleh otoritas setempat,” jelas Arintya, Rabu (6/7/2022).

Omong-omong ya, pestisida adalah bahan kimia yang sering dipakai petani. Fungsinya untuk membasmi hama. Sayangnya, penggunaannya dalam jumlah banyak bisa membuat tanaman yang terpapar bahan kimia ini memiliki residu yang cukup banyak. Jadi, meskipun sudah diolah sedemikian rupa, bisa jadi makanan yang dibuat dari tanaman tersebut tetap memiliki kandungan berbahaya.

Nggak hanya ditemukan pada tanaman, residu pestisida juga bisa ditemukan dalam daging hewan ternak. Khususnya jika pakan ternak tersebut juga sudah disemprot dengan pestisida sebelumnya.

Bahaya Jika Residu Pestisida Terlalu Banyak Masuk ke Dalam Tubuh

Mie Sedaap mengklaim mi produksinya nggak punya residu pestisida. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Mie Sedaap mengklaim mi produksinya nggak punya residu pestisida. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Menurut keterangan dari Badan Kesehatan PBB (WHO), setidaknya ada lebih dari seribu jenis pestisida yang dipakai manusia seantero bumi. Setiap jenisnya punya level racun yang berbeda-beda. Meski begitu, ada sejumlah pestisida yang dilarang penggunaannya seperti DDT karena dianggap terlalu berbahaya dan bisa bertahan lama pada tanah atau air.

Kalau sampai masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan, dampak kesehatan jangka panjangnya cukup mengerikan. Bagaimana nggak, hal ini bisa membuat risiko kanker, gangguan sistem kekebalan, masalah saraf, hingga gangguan kesuburan meningkat. Beneran deh kita harus hati-hati agar nggak sampai mengonsumsinya, ya?

Untungnya, isu soal jenama mi sejuta umat ini mengandung pestisida ini sudah diluruskan. O ya, ternyata nggak hanya Mie Sedaap yang dilarang masuk Taiwan, melainkan juga sejumlah jenama mi instan lain dari Jepang dan Filipina.

Jadi, kamu nggak perlu khawatir berlebihan untuk makan mi instan asli Indonesia, ya? Nggak ada residu pestisidanya kok. (Cnn/IB09/E05)