inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Alasan KPK ke Semarang dan Panggil Para Pejabat Pemkot
Sabtu, 3 Feb 2024 08:50
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Pemeriksaan KPK di Semarang terkait penggunaan anggaran 2023 untuk kegiatan pada proyek tingkat kecamatan dan kelurahan. (Istimewa)

Pemeriksaan KPK di Semarang terkait penggunaan anggaran 2023 untuk kegiatan pada proyek tingkat kecamatan dan kelurahan. (Istimewa)

Dua hari lalu, sejumlah petugas KPK memanggil sejumlah pejabat Pemerintah Kota Semarang untuk melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan itu terkait dengan penggunaan anggaran tahun 2023.

Inibaru.id - Sejumlah petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) datang ke Semarang, tepatnya ke Kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Tengah yang ada di Mangkang, pada Kamis (1/2/2024). Kedatangan mereka bermaksud untuk melakukan pemeriksaan terhadap beberapa pejabat di Semarang.

"Yang kami tahu, KPK hanya pinjam ruangan. Untuk materi dan substansi, serta siapa yang dipanggil kami tidak tahu," kata Humas BPKP Jateng, Joko Mulyanto.

Terlihat pada Kamis pagi, sejumlah pejabat Pemkot Semarang menghadiri panggilan KPK. Berdasarkan informasi yang beredar, senggaknya ada 21 pejabat yang diperiksa. Pemeriksaan KPK itu terkait penggunaan anggaran 2023 untuk kegiatan pada proyek tingkat kecamatan dan kelurahan.

Berdasarkan daftar hadir di BPKP, sampai dengan pukul 10.15 WIB pada Kamis, 1 Februari 2024, ada beberapa pejabat yang mengisi buku tamu. Mereka di antaranya adalah pejabat dari Bappeda Kota Semarang, Dinas Penataan Ruang, Kecamatan Ngaliyan, dan Sekretaris Damkar Kota Semarang, Ade Bhakti.

Sayangnya, saaat dimintai keterangan, Ade Bhakti enggan menjelaskan perihal kedatangannya menemui KPK untuk apa.

"Jangan ke saya! Pak Sekda saja," ucap Ade Bhakti saat ditemui di lokasi.

Terkait Anggaran 2023

Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggunakan Kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jateng untuk pemeriksaan. (Istimewa)
Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggunakan Kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jateng untuk pemeriksaan. (Istimewa)

Kedatangan KPK ke Semarang ini tentu membuat masyarakat bertanya-tanya apa yang terjadi. Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin buka suara.

"Yang saya pahami sih dalam rangka minta konfirmasi tentang beberapa kegiatan di Pemkot Semarang tahun anggaran 2023. Jadi intinya hasil pemanggilan kemarin hanya menyampaikan, menanyakan tentang beberapa hal keterkaitan pelaksanaan tahun 2023," katanya di Balai Kota Semarang, Jumat (2/2/2024).

Ada beberapa nama di organisasi pemerintahan daerah (OPD) yang turut terpanggil termasuk dirinya. Iswar mengaku dipanggil karena kapasitasnya sebagai tim anggaran daerah.

"Selebihnya ada di OPD masing-masing tentang kegiatan tersebut. Kalau saya hanya sebatas kapasitas sebagai tim anggaran daerah, bagaimana mengalokasikan anggaran itu dan sebagainya," tambahnya.

Sampai saat ini, belum ada informasi lebih lanjut terkait hal ini dari Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau dari pihak KPK, Millens. Jika kamu penasaran dengan kelanjutan kejadian ini, update terus beritanya, ya! (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved