inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Ada Perempuan dalam Tim Penggantian Kiswah Ka'bah
Selasa, 9 Jul 2024 12:47
Bagikan:
Untuk kali pertama, tahun ini penggantian Kiswah Ka'bah melibatkan perempuan. (Instagram/Reasahalharmain)

Untuk kali pertama, tahun ini penggantian Kiswah Ka'bah melibatkan perempuan. (Instagram/Reasahalharmain)

Sebelumnya, tim penggantian Kiswah Ka'bah hanya terdiri atas laki-laki. Tahun ini, perempuan menjadi bagian dari tim. Hal ini menjadi bagian dari kebijakan Putra Mahkota Pangeran MBS yang memperluas peran perempuan di sektor publik.

Inibaru.id - Kain penutup Ka'bah bersulam emas atau yang biasa disebut Kiswah selalu diganti tiap satu tahun sekali. Kiswah Dalam bahasa Arab berarti "selubung" yang mengacu pada kain yang menutupi peti mati.

Penggantian Kiswah Ka'bah biasanya dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijah atau pada saat jemaah haji menjalani wukuf di Arofah. Tapi, sejak dua tahun lalu, penggantian Kiswah dilakukan pada Tahun Baru Islam.

Tahun ini, pemasangan kain lama dan pemasangan Kiswah baru diadakan pada Minggu (8/7/2024), bertepatan dengan hari pertama dalam tahun 1446 H.

Setiap tahunnya, Raja Abdulaziz membentuk tim untuk mengganti Kiswah Ka'bah. Kiswah Ka'bah terdiri atas empat sisi terpisah dan tirai pintu. Masing-masing dari empat sisi itu dinaikkan secara terpisah ke puncak Ka'bah. Tim memasang setiap helai kain dari atas dan mengikatnya pada bagian bawah.

Hal itu dilakukan pada keempat sisi Ka'bah. Tim kemudian meluruskan setiap garis dari keempat sisi dan menjahitnya. Tim juga memasang beberapa tali. Pada bagian badan Kiswah Ka'bah, tim memasang 16 ikat. Sementara untuk lampu di bagian bawah, tim memasang 6 ikat dan 12 lampu.

Perempuan Ikut Berperan

Setelah diganti yang baru, kiswah lama akan dipotong-potong dan digunakan sebagai cendera mata. (Unsplash/Haidan)
Setelah diganti yang baru, kiswah lama akan dipotong-potong dan digunakan sebagai cendera mata. (Unsplash/Haidan)

Jika kamu melihat pergantian Kiswah secara daring kemarin, pasti menemukan ada hal yang menarik dan berbeda dibanding tahun sebelumnya. Yap, untuk kali pertama, tradisi penggantian Kiswah melibatkan perempuan.

"Untuk pertama kalinya, ikut serta dalam penugasan Otoritas Pengelola dan Perawatan Masjid Agung Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dalam upacara penggantian," tulis unggahan tersebut.

Prosesi yang melibatkan para perempuan ini berlokasi di pabrik kiswah yang terletak di Kompleks Raja Abdulaziz, nggak jauh dari Masjidil Haram. Satu per satu petugas perempuan menyerahkan bagian-bagian kiswah kepada petugas laki-laki yang segera memasukkan ke truk. Truk tersebut juga berisi gulungan kiswah lain yang selanjutnya dibawa ke Kabah di Masjidil Haram untuk penggantian.

Terlibatnya perempuan dalam tradisi penggantian Kiswah Ka'bah ini tentu memberikan warna tersendiri dan menjadi kabar baik ya? Hal ini menjadi bagian dari kebijakan Putra Mahkota Pangeran MBS yang memperluas peran perempuan di sektor publik.

Wah, semoga kebijakan soal keterlibatan perempuan dalam beberapa sektor di Arab memberikan dampak baik, bukannya malah disalahgunakan! (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved