BerandaAdventurial
Selasa, 17 Jan 2023 08:43

Yuk Gowes! Ini Rute Bersepeda Keliling Candi di Jogja

Yuk Gowes! Ini Rute Bersepeda Keliling Candi di Jogja

Bersepeda di Candi Kalasan. (Marikitadolan.wordpress)

Kamu bisa lo bersepeda keliling candi di Jogja. Di sana, ada beberapa candi yang jaraknya berdekatan dengan jalur yang cenderung landai. Seperti apa sih, rute bersepeda yang sepertinya asyik untuk dilakukan ini?

Inibaru.id – Jalan-jalan di Yogyakarta nggak melulu berarti harus mengunjungi Malioboro, Keraton, dan sekitarnya. Di sana, ada banyak tempat menarik lain yang bisa kamu kunjungi. Di antaranya adalah beberapa candi bersejarah yang tersebar di Kabupaten Sleman.

Beda dengan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang yang memiliki ukuran cukup besar dan taman yang luas, candi-candi yang ada di Kabupaten Sleman biasanya memiliki ukuran kecil atau sedang. Ada yang lokasinya bahkan berada persis di sebelah permukiman penduduk. Jadi, kamu bisa berkeliling dengan sepeda untuk menikmati candi-candi tersebut.

Sebagaimana yang ditulis Getlost.id (3/6/2021), ada sebuah rute bersepeda keliling candi di Jogja yang bisa kamu coba. Rute tersebut memiliki jarak sekitar 15 km. Di jarak yang nggak begitu jauh, setidaknya kamu bisa menikmati 5 kompleks candi, yaitu Candi Sewu, Prambanan, Sari, Sambisari, dan Kalasan.

Kamu bisa memulai rute perjalanan sepeda dari Candi Sewu, Millens. Lokasinya ada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta Km 16, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Ada alasan mengapa candi ini dijadikan tempat kamu start bersepeda. Ya karena jam bukanya pukul 06.00 WIB. Selain itu, kalau kamu memakai mobil untuk membawa sepeda, bisa kok memarkirkannya di situs bertipe candi Buddha ini.

Bersepeda di Candi Sewu. (Jogjabike)
Bersepeda di Candi Sewu. (Jogjabike)

Meski jumlahnya nggak benar-benar 'sewu' alias seribu seperti namanya, kompleks Candi Sewu ini diklaim sebagai candi Buddha terbesar kedua di Tanah Air setelah Candi Borobudur. Konon, candi inilah yang jadi latar cerita rakyat pupusnya kisah cinta Bandung Bondowoso dengan Roro Jonggrang.

Kalau sudah puas menikmati Candi Sewu, kamu bisa bergeser ke selatan sekitar 1,5 km untuk mengunjungi Candi Prambanan. Karena bangunannya yang cukup besar, kamu bisa saja mengitari area luar kompleksnya saja atau berhenti sejenak untuk melihat pemandangannya dari kejauhan. Setelah itu, kamu bisa bersepeda menuju Candi Sari yang berjarak 2,7 km.

Candi Sari berlokasi di Jalan Raya Solo-Yogyakarta Nomor 107, Bendan, Tirtomartani, Kecamatan Kalasan. Candi ini ada di tengah-tengah permukiman penduduk dan ukurannya cukup kecil. Oleh karena itulah, candi ini nggak ramai wisatawan sebagaimana Candi Sewu atau Prambanan.

Candi Sambisari. (Travelingbae)
Candi Sambisari. (Travelingbae)

Puas dengan Candi Sari, kamu bisa bergeser ke barat sekitar 4,2 kilometer untuk mencapai Candi Sambisari. Candi ini memiliki pemandangan yang unik karena berada di cekungan dan dilengkapi dengan rerumputan hijau yang menyegarkan. Jika cuaca sedang cerah dan langit berwarna biru, berfoto ria di candi bercorak Hindu ini pasti bakal mengasyikkan, Millens.

Setelah menikmati Candi Sambisari, kamu bisa gowes lagi sejauh 4,4 km menuju Candi Kalasan. Jangan kaget ya kalau candi Hindu ini persis di sebelah rumah-rumah penduduk! Di sini, kamu bisa mengakhiri tur keliling candi di Jogja sembari duduk-duduk atau minum.

Kalau kamu tertarik melakukan tur bersepeda keliling candi-candi di Jogja ini, sebaiknya melakukannya sejak pagi buta. Biasanya, pemandangan saat pagi jauh lebih cantik dibandingkan dengan saat siang hari. Selain itu, kamu bisa menghindari lalu lintas padat atau cuaca yang terik menyengat.

Siapkan stamina dan service dulu sepedamu sebelum mulai tur sepeda keliling candi di Jogja ini, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved