BerandaAdventurial
Kamis, 29 Des 2022 09:56

Wisata Kuliner Sambil Melihat Air Terjun? Ke Jujugan Serayu Saja

Wisata Kuliner Sambil Melihat Air Terjun? Ke Jujugan Serayu Saja

Jujugan Serayu, tempat makan dengan pemandangan alam luar biasa di Banjarnegara. (Googlephotos/Teguh Ardi)

Kalau sedang melintas di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, jangan ragu untuk mampir ke Jujugan Serayu. Di sana, kamu nggak hanya bisa wisata kuliner karena bisa menikmati pemandangan air terjun dan jeram Sungai Serayu. Bahkan, kamu juga bisa mancing, lo.

Inibaru.id – Kalau kamu kebetulan sedang melakukan perjalanan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, ada baiknya nggak melewatkan tempat makan Jujugan Serayu. Soalnya, tempat makan ini cukup istimewa.

Bagaimana nggak, di sana kamu nggak hanya bisa wisata kuliner. Kamu bisa lo menikmati derasnya suara arus Sungai Serayu dan melihat air terjun yang persis ada di seberang tempat makan tersebut.

Jujugan Serayu berlokasi di Desa Randegan, Kecamatan Sigaluh. Lokasinya ada di antara perbatasan Wonosobo dan Kota Banjarnegara. Di wilayah tersebut, Sungai Serayu mengalir nggak jauh dari jalan raya.

Begitu memasuki tempat makan ini, kamu akan disuguhi bangunan-bangunan terbuka sebagai tempat makan. Ada yang bertipe lesehan dan langsung menghadap ke air terjun, ada yang menyediakan meja dan kursi, termasuk meja yang berada persis di pinggir sungai.

Kamu juga bisa makan dan minum di Sungai Serayu. (Google Photos/Edi Santoso3757)
Kamu juga bisa makan dan minum di Sungai Serayu. (Google Photos/Edi Santoso3757)

Di tempat ini, kamu juga bisa menemukan kolam ikan dan kolam renang kecil untuk anak-anak. Jadi, kalau kamu mengajak anak kecil untuk makan ke sini, siapkan baju ganti ya karena mereka pasti pengin berenang di kolam tersebut.

O ya, makanan yang tersedia di sini adalah berbagai olahan ikan, olahan ayam, dan camilan seperti kentang goreng, tempe kemul, pisang cokelat keju, dan lain-lain. Khusus untuk olahan ikan dan ayam, harganya bervariasi dari Rp20 ribu sampai Rp 70 ribu sesuai dengan porsi dan jenis olahan yang kamu pesan. Sementara untuk camilan, harganya dihitung per porsi dengan harga Rp12 ribu.

Ada aneka minuman yang tersedia di sini dari aneka jus, teh, kopi, dan lain-lain. Harganya bervariasi dari Rp3 ribu sampai Rp10 ribu, Millens.

Yang menarik, kamu juga bisa turun ke sungai, lo. Di sana, ada banyak batu-batu besar yang bisa kamu gunakan sebagai tempat duduk atau meja untuk menempatkan minuman dan camilan. Sejumlah orang menggunakan batu besar itu untuk duduk-duduk sambil memancing.

Kamu bisa makan sembari menikmati air terjun. (Kulinerwisata.com)
Kamu bisa makan sembari menikmati air terjun. (Kulinerwisata.com)

“Saya dari Wonosobo, habis menjenguk orang tua saya di Banjarnegara, sekalian mampir ke sini untuk mancing,” ungkap Anton yang mengaku belum mendapatkan satu ikan pun meski sudah memancing selama 1 jam pada Senin (26/12/2022).

Sementara itu, pengunjung lainnya, Tri, mengaku baru kali pertama datang ke tempat tersebut. Dia terkesima dengan pemandangan Sungai Serayu dan air terjun yang ada di hadapannya sembari menyantap camilan.

“Saya datang dengan keluarga. Dari dulu pengin mampir melihat pemandangan Serayu dari dekat karena biasanya hanya bisa melihat dari dalam kendaraan,” ceritanya.

Jujugan Serayu buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB. Karena pemandangannya indah, ada baiknya kamu datang saat matahari masih bersinar terang ya, Millens. Selain itu, saat puncak musim kemarau , terkadang air terjunnya kecil atau bahkan kering. Jadi, cermat-cermat memilih waktu agar kamu juga bisa melihat pemandangan alamnya dengan maksimal. (Arie Widodo/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved