inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Slow Travel, Liburan 'Santuy' yang Bikin Kamu Benar-Benar Puas Berlibur
Rabu, 20 Des 2023 21:54
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Slow travel akan membuatmu lebih menghargai budaya lokal. (Lonelyplanet)

Slow travel akan membuatmu lebih menghargai budaya lokal. (Lonelyplanet)

Punya waktu libur panjang? Ini saatnya kamu mencoba slow travel!

Inibaru.id - Slow travel adalah gaya perjalanan yang menekankan pada pengalaman yang lebih mendalam dan santai daripada hanya mencoba untuk mengunjungi sebanyak mungkin tempat dalam waktu singkat. Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin mencoba slow travel:

1. Menghargai Pengalaman Lokal

Slow travel memungkinkan kamu untuk lebih memahami dan menyerap budaya lokal. Kamu dapat berinteraksi dengan penduduk setempat, mencoba makanan lokal, dan mengalami kehidupan sehari-hari di destinasi yang kamu kunjungi.

2. Reduksi Stres

Menghindari jadwal yang ketat dan tergesa-gesa dapat mengurangi tingkat stres selama perjalanan. Slow travel memberi Kamu fleksibilitas untuk menyesuaikan rencana Kamu dan benar-benar menikmati setiap momen.

3. Menghemat Biaya

Kelebihan traveling jenis ini bisa membuatmu menghemat biaya. (Halomoney) 
Kelebihan traveling jenis ini bisa membuatmu menghemat biaya. (Halomoney)

Dengan tinggal lebih lama di satu tempat, kamu dapat menyesuaikan pengeluaranmu, mencari akomodasi yang lebih terjangkau, dan menggunakan transportasi yang lebih murah. Hal ini dapat membantu menghemat biaya perjalanan.

4. Meminimalkan Jejak Ekologis

Perjalanan yang lambat cenderung lebih ramah lingkungan karena kamu nggak terburu-buru untuk terbang dari satu tempat ke tempat lain. Ini dapat membantu meminimalkan dampak ekologis perjalananmu.

5. Pertumbuhan Pribadi

Slow travel dapat memberikan kesempatan untuk refleksi dan pertumbuhan pribadi. Dengan berinteraksi dengan budaya baru dan menghadapi tantangan yang mungkin muncul, kamu dapat memperkaya diri sendiri secara pribadi dan emosional.

6. Mendukung Ekonomi Lokal

Dengan tinggal lebih lama di suatu tempat, kamu dapat memberikan dukungan ekonomi yang lebih berkelanjutan bagi komunitas setempat. Ini dapat membantu meningkatkan taraf hidup penduduk lokal.

7. Fleksibilitas Waktu

Slow travel memberi kamu kebebasan untuk mengatur jadwalmu sendiri. Kamu dapat menghabiskan lebih banyak waktu di tempat yang kamu sukai tanpa terburu-buru untuk melanjutkan ke tujuan berikutnya.

8. Mengurangi Konsumerisme

Slow travel dapat membantu mengurangi tekanan untuk terus-menerus mengonsumsi dan berbelanja. Ini dapat menciptakan kesadaran tentang kebutuhan sebenarnya dan mempromosikan gaya hidup yang lebih sederhana.

Dengan memilih slow travel, kamu dapat mengubah caramu melihat dan mengalami dunia, serta memberikan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari perjalananmu.

Gimana, tertarik nggak nih melakukan jenis traveling yang satu ini, Millens? Eits, meskipun ini liburan santuy, kamu harus tetap bersikap santun ya selama di destinasi wisata. (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved