inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Sebuah Kampung di Desa Watukelir Kebumen Hanya Bisa Diakses Lewat Gua
Minggu, 23 Jul 2023 11:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Gua di Desa Watukelir, Kebumen. (Jatimnetwork/YouTube/BG Channel)

Gua di Desa Watukelir, Kebumen. (Jatimnetwork/YouTube/BG Channel)

Di Desa Watukelir, Kebumen, Jawa Tengah, ada sebuah kampung yang hanya bisa dimasuki lewat sebuah gua. Seperti apa ya kampung tersebut?

Inibaru.id – Pernahkah kamu membayangkan sebuah desa yang hanya punya akses pintu masuk berupa gua? Sepertinya hal ini hanya bisa kamu temui di buku, drama, atau film-film fiksi, ya, Millens. Tapi, di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, desa dengan kondisi sangat unik ini beneran ada, lo.

Kampung tersebut bisa kamu temui di Desa Watukelir, Kecamatan Ayah. Desa ini berjarak kurang lebih 30 kilometer di sisi barat daya pusat Kota Kebumen. Karena lokasinya yang jauh dari pusat kabupaten, Desa Watukelir punya suasana pedesaan yang masih asri.

Kalau menurut iNews, Sabtu (1/7/2023), nggak semua jalanan di desa ini sudah diaspal. Ada yang hanya berupa jalan tanah dan nggak bisa dilewati kendaraan. Bahkan, untuk memasuki sebuah kampung, harus melewati jembatan yang dibangun dari batang pohon kelapa. Mau nggak mau, kamu memang harus berjalan kaki untuk memasukinya

Hal ini dibenarkan oleh salah seorang warga setempat yang diwawancarai oleh pemilik akun YouTube BG Channel. Menurut keterangannya, di desa di mana banyak pohon kelapa tumbuh tersebut, memang ada kampung yang hanya bisa diakses dengan jembatan batang pohon kelapa dan kemudian memasuki sebuah gua.

“Guanya ada di sebelah situ (warga tersebut menunjukkan arah). Akses keluar masuk sehari-hari harus lewat sana. Hanya bisa jalan kaki,” ungkap warga yang nggak disebutkan namanya tersebut pada video yang diunggah pada Sabtu (1/7).

Kampung yang hanya bisa diakses setelah melewati gua. (iNews/YouTube BG Channel)
Kampung yang hanya bisa diakses setelah melewati gua. (iNews/YouTube BG Channel)

Lantas, apa yang ada di balik gua tersebut? Kalau menurut warga lain, ada kampung dengan kurang lebih 10 rumah di sana. Tapi, karena nggak ada akses jalan yang memadai, mau nggak mau warga kampung tersebut nggak bisa memiliki kendaraan bermotor.

“Ada sekitar 10 rumah di kampung itu. Sayangnya nggak mungkin diakses dengan sepeda motor karena jalannya seperti itu. Jembatan untuk kendaraan juga belum ada,” ucap laki-laki tua yang juga nggak disebutkan namanya.

O ya, nama gua yang jadi akses keluar masuk kampung tersebut bernama Gua Teken. Belum ada alasan jelas mengapa nama gua tersebut demikian. Satu hal yang pasti, gua yang dinding bagian dalamnya dipenuhi dengan lumut itu nggak diberi penerangan sama sekali. Alhasil, gua tersebut terlihat gelap.

Hm, kamu penasaran nggak berkunjung sendiri di kampung yang hanya bisa diakses dengan memasuki gua di Desa Watukelir, Kebumen ini, Millens? Mungkin rasanya seperti masuk ke portal dunia lain, ya? Haha. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved